Jokowi Berakting Dengan Kabayan Pakai Bahasa Sunda

Bandung,Untuk pria yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, calon presiden nomer urut 2 Joko Widodo benar-benar kental dengan logat Jawa-nya. Lalu bagaimana saat Jokowi beradu akting dengan 'Kabayan' dengan memakai logat bhs Sunda?

Peristiwa langka itu terekam dalam video berdurasi 2 menit yang dikerjakan oleh Sembilan Matahari atas gagasan komune kreatif di Kota Bandung.

Dalam video itu, Jokowi menegur orang-orang Bandung dengan logat Sunda. Lawan mainnya yaitu Kabayan, yang diperankan oleh seseorang seniman asal Bandung, Tisna Sanjaya. Menurut Tisna, Jokowi cukup cepat belajar bhs Sunda.

" Bila saya tengok, Pak Jokowi cukup cepat belajar. Dapat dibuktikan tak ada rehearsal. Spontan mencontohkan satu kali serta beliau segera dapat, " kata Tisna di Ballroom Holiday Inn, Kamis (3/7/2014).

Menurut Tisna, walau terdapat banyak kata yg tidak pas dengan logat Jawa-nya, tetapi hal semacam itu jadi akulturasi yang unik.
" Yang utama terus mencirikan khas Jawa-nya namun memakai bhs Sunda, itu jadinya unik, ada akulturasi. Lantaran dia telah umum terkait dengan orang-orang, tak perlu akting lagim apa ada, ekspresi apa ada juga, " jelas Tisna.

Click to comment