Kekalahan Kolombia atas Brasil Dalam Laga Penuh Kontroversial

Timnas Brasil meyakinkan ticket ke semi final Piala Dunia 2014 sesudah mengalahkan Kolombia, 2-1, di Estadio Castelao, Fortaleza, Jumat (4/7/2014). Di partai semi final, Brasil bakal bersua Jerman, 8 Juli 2014.

Gol pembuka kompetisi itu berlangsung pada menit ke-7. Bermula dari sepak sudut Neymar, bola melaju ke depan mulut gawang Kolombia tiada dapat dihentikan pemain dari ke-2 iris pihak. Tetapi, waktu bola mengarah ke tiang jauh, Thiago Silva yang tiada kawalan telah menanti serta segera menyambar bola masuk ke gawang Brasil.

Sesudah tertinggal, Kolombia segera mempunyai peluang untuk menyamakan score pada menit ke-10. Walau demikian, tendangan bebas Fredy Guarin jadi melambung jauh dari tujuan.

Semenit berselang, Juan Cuadrado meneror gawang Brasil yang dikawal Julio Cesar. Tetapi, sepakan keras kaki kiri Cuadrado cuma menyamping tidak tebal dari gawang Selecao.

Kolombia tampak tampak kurang tenang dalam kompetisi melawan Brasil. Sekian kali, beberapa pemain Kolombia tergesa-gesa bikin ketentuan hingga banyak umpan yg tidak tertuju dengan prima.

Satu menit sebelum saat babak pertama selesai, Brasil memiliki peluang menggandaka score. Neymar memperoleh tendangan bebas di jarak yang ideal. Tetapi, sepakan Neymar tetap tidak berhasil menjumpai tujuan. Sampai babak pertama selesai, Brasil terus unggul 1-0 atas Kolombia.

Masuk babak ke-2, Kolombia coba ganti komposisi pemain dengan memainkan Adrian Ramos menukar Victor Ibarbo. Diinginkan Ramos dapat berikan desakan lebih pada barisan belakang Brasil.

Pro-kontra berlangsung pada menit ke-66. Suatu kiriman bola dari tendangan bebas James Rodriguez menyebabkan ketegangan di depan gawang Julio Cesar.

Mario Yepes memakai hal semacam itu serta melepas tembakan yang membuahkan gol. Cuma saja, gol Yepes dibatalkan wasit karena pemain Kolombia itu dikira offside waktu menyongsong umpan Rodriguez.

Timnas Brasil malah dapat memperoleh gol ke-2 pada kompetisi ini. Pada menit ke-68, Brasil memperoleh tendangan bebas. Pelanggaran dikerjakan James Rodriguez.

Terasa dirugikan, Rodriguez memprotes dengan gestur badan tunjukkan ketentuan wasit berkali-kali merugikan timnya. Ia diganjar kartu kuning.

David Luiz sebagai eksekutor melepas sepakan yang bersarang di sudut gawang Kolombia. Brasil saat ini unggul dua gol. Ketinggalan dua gol, Kolombia kembali lakukan perubahan pemain. Tefilo Gutierrez ditarik keluar untuk digantikan Carlos Bacca pada menit ke-70.

Masuknya Bacca dapat dibuktikan berikan dampak positif untuk Kolombia. Pada menit ke-78, Bacca yang terima umpan James Rodriguez terpaksa dijatuhkan penjaga gawang Julio Cesar didalam kotak penalti. Wasit asal Spanyol, Carlos Velasco, tiada ampun menunjuk titik putih.

Rodriguez sebagai algojo berhasil menggerakkan tugasnya dengan prima. Rodriguez meletakkan bola ke arah kiri, semetara Cesar bergerak ke arah sebaliknya. Kolombia terus tertinggal 1-2 dari Brasil.

Usaha Kolombia untuk menyamakan score tidak berhasil terwujud pada bekas saat kompetisi. Pertandingan selesai 2-1 untuk kemenangan Brasil. Selecao juga maju ke semi final untuk menantang Jerman pada 8 Juli 2014.

Susunan pemain
Brasil : 12-Julio Cesar ; 23-Maicon, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo ; 5-Fernandinho, 8-Paulinho (18-Hernanes 86) ; 7-Hulk (16-Ramires 83), 11-Oscar, 10-Neymar (15-Henrique 88) ; 9-Fred
Pelatih : Luiz Felipe Scolari

Kolombia : 1-David Ospina ; 18-Juan Zuniga, 2-Cristian Zapata, 3-Mario Yepes, 7-Pablo Armero ; 6-Carlos Sanchez, 13-Fredy Guarin ; 11-Juan Cuadrado (20-Juan Quintero 80), 10-James Rodriguez, 14-Victor Ibarbo (19-Adrian Ramos 46) ; 9-Teofilo Gutierrez (17-Carlos Bacca 70)
Pelatih : Jose Pekerman

Wasit : Carlos Velasco (Spanyol)

Click to comment