Ribuan Pkl Di DKI Uji Coba Retribusi PKL Sistem Autodebet

Pengaturan PKL ditindaklanjuti Pemprov DKI dengan menggunakan system penarikan retribusi autodebet. Pada langkah awal, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah serta Perdagangan DKI menerapkannya pada 2. 875 PKL yg menyebar di kurang lebih 10 tempat.

“Semua PKL retribusinya mesti non cash dengan memakai kartu bank DKI, maka tiada lagi korlap-korlap yg ngumpulin gunakan karcis tiap tiap hari. Seluruhnya pedagang kali lima mesti terdata di bank DKI serta miliki kartu autodebet serta dipotong tiap-tiap hari, ” kata Kadis KUMKMP DKI Joko Kundaryo di Balai Kota, Jakpus, Jumat (4/7/2014).

Program ini diusulkan oleh Wagub DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama biar dana retribusi mengalir ke tempat yang pasti serta kurangi transaksi tunai. “Tujuannya pertama buat efisiensi. Pola-pola sekarang kan tetap manual serta sarat premanisme. Jadi kita cobalah tata. Ke dua, dapat dideteksi siapakah pedagang kenyataannya, ” ucap Joko.

Menurut Joko, program ini telah disosialisasikan. Kedepannya tiap-tiap PKL beroleh kartu anggota yang perlu diperlukan oleh semua pedagang kaki lima di Ibukota. Idenya, ujicoba ditunaikan dalam bln. ini sepanjang 5-6 bln. ke depan. Program autodebet cuma diistemewakan buat PKL yg telah ada serta miliki KTP DKI.

Dalam langkah ujicoba, ada kurang lebih 2. 875 pedagang di 10 titik yg dilibatkan. Tempatnya menyebar di lima lokasi DKI, yaitu di tempat binaan (Lokbin) Palmerah, Permai Jakarta Utara, Meruya Ilir, Bintaro, Kampung Makasar dan di Tempat sesaat (Loksem) Jalan Surabaya, Taman Puring, Jalan lapangan Tembak, Tegal Alur, serta Pasar Plumpang.

“Nanti seandainya hingga 3 hari berturut-turut mereka dananya di card itu tiada, kita kasih peringatan. Juga kita dapat mengeluarkan dari tempat tempat usahanya, ” terang Joko seraya mengimbuhkan besaran retribusinya dapat diseragamkan berbasis pada pergub, yaitu rata-rata Rp 2 ribu sampai Rp 4 ribu.

Buat membantu PKL, bank DKI menunjang dengan kas keliling. Dengan demikian beberapa pedagang gak butuh ke bank tiap-tiap hari. Seluruhnya retribusi nanti segera masuk ke kas daerah.

sumber:http://news.detik.com/read/2014/07/04/213105/2628480/10/bulan-ini-2875-pkl-di-dki-uji-coba-retribusi-pkl-sistem-autodebet?9922022

Click to comment