5 Penyebab Keputihan Yang Sering Terjadi Pada Wanita

Keputihan pada wanita adalah hal yang seringkali berlangsung serta itu umum. Akan tetapi, keputihan dapat juga tunjukkan infeksi. Keputihan pada wanita yang abnormal bisa berwarna kuning atau hijau serta mempunyai bau busuk. Pemicu keputihan yg tidak normal umumnya dikarenakan oleh jamur atau infeksi bakteri. Bila anda lihat ada keputihan yang tampak tak umum atau yang berbau busuk, Anda mesti berkunjung ke dokter untuk kontrol serta penyembuhan.

Type Keputihan


Terdapat banyak type keputihan. Type keputihan digolongkan berdasar pada warna serta ketekunan. Sebagian salah satunya yaitu normal, sesaat yang lain mungkin saja tunjukkan satu keadaan yang memerlukan penyembuhan.

Cairan Putih

Beberapa cairan putih, terlebih pada awal atau akhir siklus menstruasi Anda yaitu normal. Tetapi, bila keputihan dibarengi dengan rasa gatal serta menyebabkan bau busuk itu tak normal serta memerlukan penyembuhan. Pemicu keputihan ini mungkin saja adalah dari infeksi jamur.

Keputihan Berwarna Coklat Atau Berdarah

Cairan keputihan pada wanita berwarna coklat atau berdarah umumnya normal, terlebih saat berlangsung sepanjang siklus menstruasi Anda. Keputihan pada akhir periode bisa tampak coklat bukanlah merah. Anda juga mungkin saja alami keputihan berdarah atau bercak sepanjang periode. Bila bercak berlangsung sepanjang saat normal periode Anda serta Anda beberapa waktu terakhir lakukan jalinan seksual tanpa ada kontrasepsi, ini dapat jadi sinyal kehamilan.

Dalam masalah yang tidak sering berlangsung, Keputihan berwarna coklat atau berdarah dapat jadi sinyal kanker serviks stadium lanjut. Inilah penyebab kenapa utama untuk lakukan kontrol yang teratur, di mana dokter kandungan bakal mengecek kelainan serviks.

Keputihan Berwarna Kuning atau Hijau

Keputihan pada wanita berwarna kuning atau hijau, tidak tipis, atau dibarengi dengan bau busuk, itu tak normal. Pemicu keputihan ini mungkin saja adalah dari infeksi trikomoniasis, yang biasanya menebar lewat jalinan seksual.


Apa Pemicu Keputihan? Keadaan Ini Mungkin saja Yaitu Pemicu Keputihan Pada Wanita


Keputihan pada wanita normal yaitu manfaat badan yang sehat, serta cara badan Anda bersihkan serta membuat perlindungan vagina. Keputihan jadi bertambah lantaran berolahraga, gairah seksual, ovulasi, pemakaian pil, serta stres emosional. Keputihan yg tidak normal, umumnya dikarenakan oleh infeksi. 

Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis yaitu infeksi bakteri serta cukup umum. Infeksi ini mengakibatkan keputihan pada wanita yang menyebabkan bau busuk yang kuat, walau dalam sebagian masalah tak menyebabkan tanda-tanda. Wanita yang lakukan sex oral atau mempunyai banyak pasangan seksual mempunyai resiko tertular infeksi ini.

Trichomoniasis

Ini yaitu type infeksi lain, ini dikarenakan oleh protozoa. Infeksi ini umumnya ditularkan lewat jalinan seksual, namun dapat juga ditularkan lantaran sharing menggunakan handuk atau pakaian renang. Infeksi ini menyebabkan keputihan berwarna kuning atau hijau yang mempunyai bau busuk. Nyeri, peradangan, serta gatal-gatal juga tanda-tanda umum, walau sebagian orang tak alami tanda-tanda apa pun.

Gonore serta Klamidia

Dua Infeksi menular seksual ini bisa mengakibatkan keputihan yg tidak normal, yang umumnya berwarna kuning.

Penyakit Inflamasi Panggul

Type infeksi ini kerap dikarenakan oleh kontak seksual serta berlangsung saat bakteri menebar hingga ke vagina serta ke organ-organ reproduksi yang lain. Ini bisa mengakibatkan keputihan pada wanita yang menyebabkan bau busuk.

Human Papilloma virus (HPV) atau Kanker Serviks

Infeksi HPV dikarenakan oleh kontak seksual, bisa mengakibatkan kanker serviks. Sesaat mungkin saja tak ada tanda-tanda, type kanker ini bisa mengakibatkan keputihan berdarah, berwarna coklat, serta/atau berair dengan bau tidak enak. Kanker serviks bisa dihindari atau diketemukan dengan tes pap smear tahunan serta pengujian HPV. 

Saat Untuk Mencari Pertolongan Medis

Bila keputihan yg tidak umum dibarengi dengan tanda-tanda lain seperti demam, nyeri di perut, penurunan berat tubuh yang tidak bisa diterangkan, kelelahan, atau kerap buang air kecil, Anda mesti menjumpai dokter sesegera mungkin saja.

Apa Yang Diinginkan Pada Penunjukan Dokter?


Saat Anda menjumpai dokter lantaran pemicu keputihan yg tidak normal, Anda bakal melakukan kontrol fisik, termasuk juga kontrol panggul. Anda dapat juga ajukan sebagian pertanyaan perihal beberapa gejala Anda, siklus menstruasi Anda, serta kesibukan seksual Anda. Dalam banyak masalah, infeksi bisa dideteksi oleh kontrol fisik atau panggul.

Bila dokter Anda tidak bisa mengecek permasalahan Anda dengan cepat, Anda mungkin saja mesti melakukan sebagian tes jalan. Dokter Anda mungkin saja bakal mengambil sampel dari leher rahim Anda untuk mengecek HPV atau kanker serviks. Keputihan Anda dapat juga di check dibawah mikroskop untuk memastikan sumber infeksi. Sesudah dokter memberi tahu Anda pemicu keputihan, Anda bakal diberikan pilihan penyembuhan.

Click to comment