Tumbuh Kembang Balita

Tumbuh kembang anak balita tentu saja harus dirangsang sejak dini agar anak tersebut bisa melakukan hal baru sama seperti anak lain seusianya. Usia balita bisa dikatakan sebagai usia dimana setiap orang mulai mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Di usia ini merupakan awal setiap orang mulai bisa berjalan, berbicara dan mengalami banyak perubahan dalam dirinya. Tidak heran jika tumbuh kembangnya masih diawasi oleh ahli kesehatan.

tumbuh kembang anak balita

Untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan balita dibuatlah Posyandu. Di tempat ini setiap bulannya anak balita akan diperiksa berat badan dan tingginya sehingga pertumbuhannya juga akan terkontrol. Jika anak tersebut tidak mengalami pertumbuhan dan perkembagan yang baik tentu saja anak tersebut harus mendapat penanganan khusus dari ahli kesehatan. Lain halnya dengan anak yang mengalami pertumbuhan yang baik dalam sehari-harinya ia juga akan  terlihat lincah dan ceria. 

Keceriaan anak sudah dapat dilihat sejak ia masih bayi dan mulai bisa menatap ibu atau ayahnya. Dia akan tersenyum sambil mengerak-gerakan kaki dan tangannya yang menandakan jika ia merasa senang. Selain itu dia juga akan selalu tersenyum dan tertawa ketika ada yang mengajaknya bermain. Keceriaan ini tentu saja akan terlihat sampai ia tumbuh menjadi anak-anak yang mulai bisa  mengenal banyak permainan untuk seusianya.

Tumbuh kembang anak balita yang paling berkesan adalah ketika anak mulai bisa berjalan. Pada saat tersebut anak biasanya selalu ingin pergi keluar rumah dan berjalan sendiri untuk menuju tempat lain yang membuatnya tertarik. Sebagai orang tua anda anda cukup mendampinginya saja agar dia tidak menuju tempat yang berbahaya. Jika ia tertarik dengan suatu benda yang menarik perhatiannya biarkan saja selamabenda tersebut baik untuknya. 

Click to comment