Membuat Sumur Resapan Dengan Talang Air

Keseimbangan air yang ada di dalam tanah harus mulai di jaga, megingat sekarang ini banyak daerah yang mulai kesulitan air bersih, salah satunya karena sumber air yang ada di dalam tanah sudah kering. Jadi untuk mencukupi kebutuhan air mereka harus membeli atau mendatangkan dari tempat yang jauh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat sumur resapan.

Membuat Sumur Resapan Dengan Talang Air

Lubang resapan air bisa digunakan untuk menampung air hujan di dalam tanah dan juga sangat bermanfaat untuk menghindari kemungkinan terjadinya banjir, salah satu cara membuatnya adalah menggunakan talang air, berikut ini carannya:
  • Buatlah sumur dengan kedalaman yang tidak melebihi 1,5 meter pada muka air tanah.
  • Gunakan buis beton untuk memperkuat dinding tanah, kemudian pasang bata kosong.
  • Anda bisa langsung membuat saluran untuk pemasukan air ke dalam talang tersebut, gunakan pipa paralon.
  • Buatlah saluran pembuangan yang berasal dari sumur tersebut menuju parit, untuk membuang air yang tidak muat di tampung di dalamnya.
  • Gunakan plat beon untuk menutup bagian atas sumur.
Cara tersebut bisa anda gunakan untuk membuat sumur resapan menggunakan talang air, cukup mudah bukan, anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan menggunakan sumur tersebut. Ketersediaan air bisa tetap ada meskipun memasuki musim kemarau, anda tidak perlu repot lagi mendapatkan air bersih.

Click to comment