Nikmatnya Gado-gado Khas DKI Jakarta

Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari tanah Jawa. Makanan ini berupa sayur-sayuran yang sudah direbus kemudian dicampurkan menjadi satu dengan bumbu kacang atau sejenis saus yang terbuat dari kacang tanah (digiling/dihaluskan) disertai dengan irisan telur. Makanan ini dihidangkan dengan taburan bawang merah dan ditambah dengan sedikit emping goreng maupun kerupuk.

Karena masakan yang satu ini dapat dimakan begitu saja seperti salad, sehingga tidak heran apabila kemudian disebut sebagai salad khas Indonesia dengan siraman saus kacang. Akan tetapi dapat juga dimakan bersama dengan nasi putih atau terkadang beberapa orang juga lebih memilih dihidangkan menggunakan lontong. Makanan khas Indonesia ini dihidangkan dengan telur serta kentang rebus serta sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih segar dan dalam keadaan mentah. Meskipun untuk beberapa sayuran seperti bunga kol atau kubis cenderung direbus terlebih dahulu.

Gado-gado Khas DKI Jakarta
Resep gado-gado jakarta
Salah satu hal yang membedakan gado-gado dengan salad sayur pada umumnya adalah adanya saus kacang yang disiramkan di atas hidangannya. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat saus kacang sebenarnya dapat bervariasi, akan tetapi biasanya menggunakan:
  1. Kacang goreng yang sudah dilumatkan.
  2. Bawang putih,
  3. Air jeruk nipis
  4. cabai atau merica.
  5. Garam.
  6. Gula merah.
Beberapa penjual terkadang juga melengkapi hidangan yang mereka sajikan dengan santan, terasi atau yang lebih terkenal adalah kecap.

Sekian informasi seputar Nikmatnya Gado-gado Khas DKI Jakarta semoga artikel yang saya sajikan ini bisa bermamfaat bagi anda jangan lupa untuk menyimak artikel mengenai Resep Perkedel Kentang Lezat Sederhana semoga bermamfaat selamat mencoba.

1 komentar:

avatar

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Nikmatnya Gado-gado Khas DKI Jakarta " .
Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

Click to comment