Contoh Orangtua Paling Efektif Mengajarkan Bersih Sehat

Membangun karakter anak agar terbiasa untuk hidup bersih sehat harus dimulai dari rumah, dan dimulai sedini mungkin. Namun hal yang paling sulit adalah mengajarkan hal ini kepada anak itu sendiri. Seringkali juga Anda mungkin tidak memberikan contoh yang baik, sehingga anak justru tidak mau melakukannya lantaran dia melihat Anda melanggarnya.

Contoh Orangtua Paling Efektif Mengajarkan Bersih Sehat
Images : Ilustation

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa mengajarkan kebiasaan bersih dan sehat kepada anak Anda:
  1. Hal sederhana
    Sediakan tempat sampah di setiap ruangan, beritahu anak untuk selalu buang sampah ke tempat tersebut. Biasakan setiap kali hendak makan, selesai makan, sehabis bermain, berkegiatan, dll, ajak anak untuk mencuci tangan.
  2. Contoh
    Hal di atas tidak akan berhasil jika Anda sendiri tidak menjalankannya. Lakukan kebiasaan hidup sehat tersebut agar anak bisa mencontoh. Tidak hanya di rumah tetapi juga di luar.
  3. Hadiah
    Bila anak Anda melakukan kegiatan bersih tersebut dengan baik dan disiplin, pujilah mereka atau beri pelukan. Ketika mereka rajin melakukannya dalam waktu lama, ajak mereka wisata atau jalan-jalan.
Kebiasaan Paling Efektif Mengajarkan bersih sehat semuanya dimulai dari rumah. Sebagai orangtua, hal tersebut merupakan tanggung jawab Anda untuk mendidik anak tentang kebiasaan ini. Selalu berikan contoh kepada anak, dan bila ada orang dewasa yang melakukan perilaku tak baik, beri penjelasan kepada anak kenapa mereka tidak seharusnya seperti itu. Untuk lebih banyak lagi tips tentang mendidik anak tentang kebersihan, Anda bisa mengunjungi website Ibu Bercahaya.

Click to comment