5 Tips Agar Smartphone Android Awet


Smartphone Android menjadi tren yang menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan lagi hal yang mewah untuk memiliki handphone (HP) Android touchscreen. Saat ini, sebagian besar masyarakat sudah terkoneksi oleh teknologi dan internet tanpa batas. Merek dan harga ponsel pintar ini pun sangat beragam. Mulai dari kelas premium, harga HP Samsung berada di peringkat pertama dengan beragam seri dan spesifikasi hingga yang merakyat seperti Advan.
                 
Ada baiknya jika Anda memberikan perhatian pada perangkat Android Anda. Apabila Anda tidak menjaganya dengan baik, ada kemungkinan HP Anda akan mengalami beberapa masalah dan cenderung tidak awet. Berikut 5 tips mudah yang bisa Anda lakukan agar ponsel pintar Anda tetap terawat.

1.       Pengamanan Ekstra untuk Bodi dan Layar
Masing-masing jenis Android di pasaran memiliki material bodi yang berbeda-beda. Namun, seberapa pun kuatnya material bodi smartphone, bisa saja tergores apabila Anda tidak dapat menjaganya dengan baik. Sebagai perawatan, berikan cover casing yang bisa melindungi ponsel Anda saat menaruhnya di tas ataupun ketika tidak sengaja terjatuh. Sedangkan untuk layar, beberapa layar Android saat ini sudah menggunakan layar gorilla glass, yang mampu melindungi ponsel pintar Anda dari berbagai macam goresan. Akan tetapi, gorilla glass tidak dapat melindungi layar Anda ketika smartphone Anda terjatuh bagian muka terlebih dulu. Sebaiknya gunakan tempered glass untuk menghindari keretakan pada layar Anda.

2.       Install Aplikasi yang Diperlukan
Beragam aplikasi bisa Anda unduh di Google Play Store, tetapi apakah Anda akan menggunakan semua aplikasi tersebut? Install aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja. Selain untuk menghemat penyimpanan memori internal, memilih aplikasi yang Anda install di perangkat Anda juga akan menghemat daya konsumsi baterai Android Anda. Gunakan juga program junk cleaner untuk menghapus arsip-arsip yang tidak dibutuhkan di ponsel Anda.

3.       Pengisian Baterai
Salah satu kendala menggunakan fitur multitasking di Android adalah konsumsi baterai yang cukup besar. Oleh karena itu, ketika baterai Anda akan habis (berada di bawah 10%) segera lakukan pengisian hingga terisi penuh. Ketika pengisian sedang terjadi, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas apapun dengan ponsel Anda karena akan menyulitkan pengisian baterai dan mempersingkat umur baterai. Hindari bongkar pasang charger ketika Anda sedang melakukan pengisian baterai, karena hal ini juga menyebabkan berkurangnya daya tahan baterai Anda.

4.       Hindari Air
Jangan menggunakan smartphone Anda di dekat air. Saat ini teknologi water resistant pada Android hanya dimiliki oleh beberapa merek saja dengan harga yang juga tidak murah. Oleh karena itu, apabila Anda sayang dengan ponsel Anda, sebaiknya gunakan hanya di tempat kering saja. Usahakan juga tidak menggunakan ponsel ketika hujan, walaupun hanya sedikit air yang terkena ponsel Anda, ada kemungkinan setitik air yang berhasil masuk ke perangkat Anda dapat menyebabkan korosi.

5.       Simpan di Tempat Aman
Android memiliki ukuran yang cukup besar dan lebar sehingga terkendala ketika Anda menyimpannya di saku celana. Ketika Anda sedang di perjalanan apalagi sedang di angkutan umum., pastikan ponsel Anda tersimpan di tempat yang aman untuk menghindari dari kemungkinan terjatuh atau dicuri orang. 

Ponsel Android yang memiliki bodi mulus dan performa yang tetap baik setelah sekian lama Anda gunakan tentu akan memiliki harga yang tetap tinggi di pasaran. Jadi, jagalah Android Anda sebaik-baiknya, sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama atau tidak kesulitan untuk menemukan pembeli ketika akan menjualnya.
               

Click to comment