Cara Sederhana Merawat Kulkas Agar Lebih Terawat

Kulkas
Dengan semakin berkembangnya zaman, maka juga semakin berubah gaya hidup masyarakat kita ini. Hal ini dapat kita lihat dari tingkat kepemilikan akan alat elektronik seperti tv, kulkas, ac dan sebagainya. Kebutuhan akan lemari pendingin ini adalah sebagai tempat menyimpan bahan makanan maupun makanan jadi agar dapat bertahan lebih lama untuk dapat dikonsumsi di kemudian hari nantinya. Bahkan dalam beberapa rumah, kepemilikan akan alat elektronik ini tidak hanya satu, hal ini karena memang tingkat kebutuhan keluarga akan barang elektronik ini berbeda-beda. Pada dasarnya memiliki lemari pendingin ini di rumah anda akan membuat tagihan listrik anda meningkat, sehingga dapat kita tarik kesimpulan, rumah yang memiliki lemari pendingin ini lebih dari satu unit berarti memiliki kemampuan dalam membayar tagihan listrik lebih besar. Namun sebesar apapun kemampuan tersebut, tentunya semua alat termasuk lemari pendingin ini memerlukan perawatan agar dapat bertahan lebih lama atau awet. Perawatan tersebut tidak harus dilakukan dengan mengeluarkan uang untuk servis atau lainnya, melainkan dapat dilakukan dengan cara sederhana saja. Jika hal ini dilakukan, maka lemari pendingin di rumah anda akan semakin awet dan proses pendinginan yang dilakukannya tetap berjalan secara optimal.

Perawatan yang dilakukan agar lemari pendingin di rumah anda tetap dalam kondisi baik sehingga pendinginan terhadap bahan makanan yang ada di dalamnya tetap berjalan secara optimal dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana. Namun tentunya hal tersebut harus dimulai dari awal penggunaan seperti dengan cara berikut ini yang dapat anda lakukan pada lemari pendingin di rumah anda:

1. Pastikan listrik di rumah anda stabil.
2. Gunakan ups atau stafol.

Pada saat anda memutuskan menggunakan kemarin pendingin, maka pastikan jika aliran listrik di rumah anda dalam kondisi stabil. Hal ini karena jika listrik di rumah anda sering mengalami tegangan rendah, maka hal tersebut akan memperpendek umur mesin. Namun masalah tersebut juga dapat diatasi dengan cara memasang ups atau setidaknya stafol yang berfungsi sebagai penstabil aliran listrik yang masuk pada mesin pendingin.

Sebaiknya kedua cara di atas dilakukan sejak dari awal penggunaan lemari pendingin, karena memang tegangan rendah yang sering terjadi di rumah anda adalah penyebab utama rusaknya alat elektronik. Namun perawatan tidak cukup hanya dengan kedua cara di atas tentunya. Cara perawatan sederhana terhadap kulkas lainnya juga dapat anda lakukan sendiri di rumah secara rutin, dengan cara seperti di bawah ini:

1. Rutin dibersihkan.
2. Kontrol air pembuangan.

Sangat penting untuk melakukan perawatan berupa membersihkan lemari pendingin secara rutin, cairkan semua es di dalamnya dan bersihkan baik dalam maupun permukaan luar dari lemari pendingin menggunakan kain yang perca yang lembut. Selain itu juga selalu kontrol air pembuangan yang ada di bagian belakang, jika penuh segeralah untuk membuangnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya konsleting listrik pada mesin pendingin tersebut.

Semua cara perawatan yang dilakukan seperti di atas bertujuan agar lemari pendingin selalu dalam kondisi baik sehingga dapat bertahan lebih lama satu awet. Namun sebenarnya cara perawatan sederhana juga dapat dilakukan dengan cara mengatur posisi penempatan yang baik pada lemari pendingin seperti di bawah ini:

1. Beri penyangga di bawahnya.
2. Jangan diletakkan di sudut ruangan.

Cara perawatan terhadap kulkas di rumah anda dapat dilakukan dengan cara memberikan penyangga di bagian bawahnya yang bertujuan mencegah konsleting karena permukaan bawah lemari es menyentuh langsung pada permukaan lantai. Dan sebaiknya jangan letakkan pada sudut ruangan, karena sangat beresiko terhadap putusnya kabel karena gigitan tikus dan selain itu akan sulit untuk dapat dibersihkan. Kulkas yang paling populer pada saat ini adalah kulkas Toshiba, selain karena tahan lama dan awet, kulkas ini juga memiliki harga murah dan terjangkau.

Click to comment