Mau Performa Basket Meningkat? Pilih Sepatu Basket yang Nyaman

Ketika Anda melihat para pemain basket profesional di televisi atau di lapangan, Anda pasti melihat bahwa mereka mengenakan sepatu basket  yang bentuknya sangat khas. Bentuknya lebih tinggi daripada sepatu olahraga biasa, dan biasanya juga memiliki ukuran yang besar. Sepatu-sepatu inilah yang memberikan kenyamanan ekstra bagi para atlet basket tersebut dan memungkinkan mereka melakukan performa dengan optimal.

Secara umumnya, sepatu untuk basket ini dibagi menjadi 3 buah tipe sepatu, yaitu:

1. High top
Bisa melindungi ankle pemain dengan paling sempurna. Karena lebih berat dibanding tipe lain, sepatu ini juga lebih stabil. Cocok untuk para power player yang sering meloncat atau sering berbenturan dengan pemain lain.

2. Mid top
Tinggi sebatas pergelangan kaki. Lebih pendek dan ringan. Ini yang biasanya dipakai banyak pemain pemula dan all around.

3. Low top
Pendek, sangat ringan, namun perlindungannya juga paling minimal. Cocok untuk para pemain basket yang mengandalkan kecepatan mereka.

Ada beberapa faktor penentu yang membuat sepasang sepatu basket ini menjadi sepatu nyaman atau tidak. Ini yang perlu diperhatikan:

Tips Bersihkan Boneka Hello Kitty dengan Mudah

1. Pas atau tidak
Sepatu yang pas di kaki bakal adalah kunci kenyamanan. Kaki tak akan terasa terjepit maupun sepatu bergeser, dan bakal mengikuti gerakan kaki Anda saat melompat.

2. Support
Bisa dibilang adalah fitur utama sepatu untuk basket. Sepatu yang stabil, kokoh di bagian tumit, dan tidak mudah bergeser akan mengurangi resiko cidera.

3. Sirkulasi udara
Ini juga mempengaruhi kenyamanan yang memakai. Anda tentu lebih enak memakai sepatu yang membuat kaki Anda tetap kering dan tidak berkeringat, bukan?
4. Cushioning atau bantalan
Sepatu yang empuk di solnya (dalam dan luar) memberikan performa optimal untuk atlet basket. Bisa berbentuk busa (padding) maupun dari karet, yang penting memberikan kenyamanan saat berlari dan melompat.

5. Cengkeraman sepatu
Basket biasanya dimainkan indoor di lantai licin. Jadinya, sepatu harus mampu mencengkeram permukaannya dengan baik. Pilih alur sepatu yang banyak cekungannya.

Satu lagi faktor yang harus dipertimbangkan ketika Anda memilih sepasang sepatu untuk basket adalah keawetannya. Sepatu ini tidaklah murah. Padahal, karena sepatu ini dipakai untuk olahraga yang memiliki gerakan kaki intensif, maka tak mengherankan jika bentuknya cepat berubah. Jadi Anda sebaiknya sekalian saja membeli yang berkualitas, yang bentuknya tak akan berubah bahkan setelah dipakai lama.

Mengenai info merk dari sepatu untuk olahraga ini, Anda bakal melihat nama-nama yang sudah familiar. Mari lihat satu-persatu:

1. Nike
Merupakan merk asal Amerika Serikat yang sudah mendunia. Sepatu buatan mereka selalu menggunakan teknologi inovatif terbaru dan banyak digunakan para ikon olahraga internasional. Beberapa yang direkomendasikan adalah Nike Air Force Max, Nike LeBron, dan Nike Kobe X.

2. Air Jordan
Meski terhitung masih anak perusahaan Nike, Air Jordan adalah brand khusus sepatu buat basket yang disponsori oleh Michael Jordan. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Air Jordan XX9.

3. Adidas
Pesaing terberat Nike yang juga memberikan teknologi yang tak kalah inovatif dan desain yang menarik. Contoh sepatu untuk basket yang direkomendasikan seperti Adidas J Wall 2.

Sudahkah Anda membayangkan jenis sepatu basket yang bakal nyaman untuk kaki Anda? Ingat, sepatu sangat menentukan performa di lapangan. Bahkan atlet basket terbaik sekalipun bisa terkena cedera jika mereka tak mengenakan sepatu yang tepat. Apalagi Anda yang bukan profesional. Hindari hal ini dengan menentukan sepatu yang paling pas dengan gaya bermain Anda.


Click to comment