Prosedur Keberangkatan Setelah Membeli Tiket Pesawat Online

Sekarang ini hampir semua hal bisa dibeli secara online, tak perlu lagi datang ke toko langsung, baik produk fashion, gadget, rumah tangga atau yang lainnya, banyak orang yang tawarkan fasilitas belanja online. Untuk Anda yang hobby travelling kemana-mana, maka pembelian tiket sarana transportasi umum juga tak perlu susah-susah dibeli langsung, mengandalkan sebuah smartphone banyak situs online yang tawarkan kemudahan pembelian untuk konsumen-konsumennya, ingin tiket kereta maupun pesawat. Bahkan beberapa situs tiket pesawat online ini juga sudah memiliki aplikasi tersebut sehingga memungkinkan pembelian lebih mudah dan keamanan terjaga.

Sistem penjualan tiket online ini diharapkan memang bisa menekan angka penipuan yang sering kali terjadi di tengah-tengah masyarakat, seperti keberadaan calo yang tawarkan harga tiket berkali-kali lipat jauh lebih mahal atau yang lainnya. Namun ternyata dengan keberadaan situs jual beli angka penipuan justru semakin tinggi. Banyak oknum nakal yang justru menjual tiket palsu, sehingga konsumen harus lebih berhati-hati terhadap hal yang satu ini.

Tiket pesawat online bisa dibeli dengan mudah lewat perangkat teknologi Anda, sistem pembayaran juga ditawarkan dengan online ke e-banking atau sistem kartu kredit. Memungkinkan kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus kemanapun. Bagi Anda yang agaknya masih terlalu awam dan belum pernah naik pesawat sama sekali, pembelian tiket online tak jauh berbeda dengan pemesanan tiket kereta api. E-ticket yang sudah diberikan nantinya bisa di print untuk selanjutnya ditukarkan ketika ada di bandara.

Tiket Pesawat Online


Lalu bagaimana dengan proses untuk naik pesawatnya, agar tidak terlihat udik, agaknya ketahui skema nya berikut ini:

1. Parkir kendaraan Anda di bandara, bagi yang tidak ingin naik sarana transportasi umum ketika nantinya pulang kembali, maka bisa menitipkannya di tempat parkir yang ada di bandara, ada tarif untuk setiap harinya, lebih aman pula dibandingkan harus meninggalkannya di rumah tanpa penjagaan.
2. Datang lebih awal, setidaknya bagi yang rumahnya jauh bisa 2 jam sebelumnya datang ke bandara, dengan demikian tak akan ketinggalan pesawat untuk berangkat ke tempat tujuan, sedangkan bagi yang lokasinya dekat, maka bis a datang 1 jam sebelumnya, sambil menunggu untuk penukaran e-ticket yang sudah dibeli sebelumnya.
3. Pemeriksaan, nantinya akan ada 2 sesi pemeriksaan saat Anda datang ke bandara, beberapa barang yang terbuat dari bahan logam harus dilepaskan, seperti diantaranya adalah jam tangan ataupun ponsel. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum check in. Jika nantinya kedapatan membawa barang-barang berbahaya, secara otomatis akan berurusan dengan pihak yang berwajib atau polisi. Hindari membawa benda cair dengan berat lebih dari 100 ml juga ke dalam kabin pesawat, karena dilarang.
4. Check in, bagian ini adalah prosedur resmi yang wajib dilakukan saat Anda akan berangkat, diantaranya adalah dengan menukarkan data yang sudah tercatat sebelumnya. Anda harus mengeluarkan print out dari e-ticket yang sudah ada sebelumnya, ditambah dengan data diri atau KTP untuk dicocokkan, bagi yang akan melakukan penerbangan ke luar negeri, maka akan dimintai dengan passport sebagai pelengkap. Barang-barang yang dibawa tersebut nantinya juga akan melalui tahap penimbangan terlebih dahulu sebelum masuk.
5. Dapatkan boarding pass, digunakan sebagai petunjuk di bagian gate mana Anda harus menunggu pesawat tersebut.
6. Masuk ke pesawat dan cari tempat duduk Anda, khususnya bagi yang tidak bisa memilih, jika dibolehkan memilih bisa cari sesuka hati.

Itulah prosedurnya bagi Anda yang sudah membeli tiket pesawat online.

Click to comment