4 Jenis Voucher Diskon Belanja yang Biasanya Diberikan

Belanja menjadi salah satu hal yang paling ditunggu apalagi jika menggunakan voucher diskon belanja. Voucher potongan harga tersebut bisa diberikan oleh toko online ataupun toko offline dengan besar potongan harga yang berbeda. Manfaat dari pemberian atau penggunaan voucher potongan harga, yaitu:

- Bisa membantu menghemat total jumlah belanjaan.
- Sebagai salah satu strategi marketing agar bisa menarik perhatian dari konsumen.
- Memperkenalkan produk yang dijual.
- Menghabiskan stok produk yang ada di gudang.

Ada beberapa jenis voucher diskon yang biasanya diberikan oleh tempat belanja baik toko offline seperti minimarket atau supermarket namun juga situs jual beli online terpercaya. Pertama adalah voucher yang diberikan secara rutin oleh tempat belanja tersebut, misalnya diberikan setiap weekend. Tidak sedikit tempat belanja yang memberikan voucher diskon secara berkala dengan tujuan untuk menarik perhatian dari konsumen serta menjadi ciri khas dari tempat belanja tersebut. Produk yang bisa dibeli dengan voucher tersebut bisa beragam sesuai dengan perhitungan dari tempat belanja tersebut agar tetap bisa mendapatkan keuntungan walaupun memberikan diskon untuk produk yang dijualnya.

Kedua adalah voucher subscribers. Jenis voucher ini diberikan kepada para pelanggan atau subscriber pada website toko tersebut. Voucher ini umumnya akan diberikan langsung lewat email sehingga nantinya, kode voucher yang diberikan oleh tempat belanja tersebut bisa digunakan untuk berbelanja secara online di toko tersebut. Untuk mendapatkan voucher ini, maka Anda harus menjadi pelanggan atau subscriber di toko online dengan mengisikan alamat email dan persetujuan untuk berlangganan berita atau segala sesuatu hal yang berkaitan dengan toko tersebut dimana nantinya info terbaru akan diberikan lewat email.

Ketiga adalah voucher member. Jenis voucher diskon belanja ini hampir sama dengan voucher subscriber. Pihak yang bisa menggunakan voucher potongan harga ini adalah konsumen yang sudah menjadi member dan biasanya ditunjukkan dengan adanya kartu member atau kartu belanja di tempat belanja tersebut. Voucher belanja bisa diberikan lewat email atau bahkan lewat pesan singkat. Untuk menggunakan voucher tersebut, nantinya Anda sebagai konsumen akan menunjukkan voucher yang diterima ke kasir dan kasir akan memverifikasi apakah voucher tersebut bisa dipergunakan atau tidak.

Keempat adalah voucher diskon untuk toko baru. Tidak hanya di toko online, namun juga tempat belanja misalnya toko baju yang baru pertama kali buka di sekitar tempat tinggal Anda, biasanya Anda akan mendapati voucher potongan harga dengan tujuan untuk menarik konsumen apalagi toko tersebut toko baru yang belum dikenal oleh banyak orang. Jika di toko online seperti di marketplace, voucher bisa diberikan untuk toko baru dengan diskon sesuai ketentuan dari pihak marketplace tersebut.

Jenis voucher diskon belanja yang lainnya yang bisa Anda pergunakan dan dapati di tempat belanja adalah:

Jenis Voucher Diskon Belanja


- Voucher untuk para pengikut di sosial media resmi dari toko tersebut. Syarat untuk mendapatkan jenis voucher ini adalah dengan mengikuti sosial media tersebut.
- Voucher kuis. Beberapa tempat belanja akan memberikan kuis yang biasanya diberikan langsung di media sosial atau lewat pihak yang bekerja sama langsung dengan tempat belanja tersebut.
- Voucher dari pembelian minimal. Di beberapa tempat misalnya di supermarket ada yang memberikan voucher potongan harga dengan syarat Anda harus belanja dahulu dengan total belanjaan minimal sesuai dengan yang ditentukan misalnya Rp 200.000.
- Voucher dari kartu kredit misalnya dari penukaran poin hasil penggunaan kartu kredit.

Click to comment