Harga Kemeja Batik Keris, Bisa Sampai Jutaan Rupiah!

Jika membicarakan merk-merk batik berkualitas di Indonesia, nama Batik Keris pasti akan sering muncul. Toko batik asal Solo ini memang identik dengan kualitasnya yang prima dan motif batiknya. Salah satu keunikan dari Batik Keris adalah motifnya yang menjadi ciri khas Solo dan sekitarnya. Bahkan Batik Keris juga memiliki motif sendiri yang didesain orang-orangnya. Mengenai harga, maka harga kemeja Batik Keris dan produk-produk lainnya berada di tingkatan menengah ke atas.
 
 
Batik Keris sendiri didirikan di tahun 1947 oleh pasangan suami istri Kasom Tjokrosaputro dan Gaitini. Toko batik mereka yang pertama di Jl. Kom.Yos Sudarso diberi nama “Keris”, dan inilah cikal bakal nama Batik Keris sekarang ini. Usaha batik rumahan yang sederhana tersebut kemudian menjadi semakin berkembang. Batik Keris sekarang memiliki pabrik printing di berbagai tempat dan cabang-cabang tokonya beredar di Nusantara.
 
Sekarang ini Batik Keris telah menjadi pilihan bagi masyarakat di kalangan menengah ke atas, yang berarti menempatkannya di tingkatan harga yang cukup mahal. Ini sesuai dengan kualitas yang akan Anda dapatkan, baik dari kualitas motif batik, warna, dan juga bahannya. Meskipun demikian, Batik Keris juga menyediakan alternatif baju batik yang lebih murah dengan menggunakan batik cap untuk Anda yang memiliki budget terbatas.
 
Harga kemeja Batik Keris sendiri juga cukup bervariasi tergantung dari jenis batik dan juga bahan kainnya. Namun Anda perlu tahu bahwa sejauh ini, Batik Keris belum menjual produknya secara online. Baju-baju Batik Keris yang asli hanya bisa didapatkan di outletnya secara resmi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Jadi kalau Anda melihat ada yang menjual batik dengan merk Batik Keris di toko-toko online, maka biasanya baju tersebut adalah baju bekas ataupun merk yang palsu.
 
Karena beragamnya harga yang dimiliki, maka daftar harga yang Anda lihat di internet belum tentu masih berlaku ketika Anda membeli di tokonya. Namun perkiraannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk kemeja dengan motif batik cap atau printing yang bahannya dari katun, harganya berada di kisaran antara Rp70-100 ribuan, bahkan sampai Rp200 ribuan.
  2. Untuk kemeja batik tulis berbahan katun yang bisa dipakai untuk kerja maupun acara resmi, harganya bisa mencapai antara Rp600-700 ribu. Ini untuk yang berlengan pendek. Jika lengan panjang, harganya bisa sedikit di atasnya.
  3. Sedangkan untuk batik tulis dengan bahan dari kain satin, harganya bisa berkisar di atas Rp1 jutaan. Bahkan untuk kemeja batik tulis dengan kain sutra, jangan heran jika harganya mencapai Rp5 jutaan.
  4. Untuk edisi khusus dari Batik Keris seperti Puspa Nusa misalnya, harganya bisa berada di atas Rp500 ribu sampai dengan jutaan. Apalagi kalau Anda membeli yang berbahan kain satin maupun sutra. 
 
Semakin berkualitas, semakin mahal pula harga yang harus Anda bayar. Apalagi kalau untuk limited collection yang hanya dijual dalam periode waktu yang terbatas saja. Makanya, melihat bahwa harga kemeja Batik Keris bisa sangat mahal, lakukan budgeting dengan baik sebelum Anda membelinya. Biasanya Batik Keris akan memberi tahu apakah yang Anda beli tersebut batik tulis atau batik cap, dan dari bahan apa saja. Untuk menghemat, tak ada salahnya membeli batik cap. Kualitas batik cap dari Batik Keris juga sudah bagus dan motifnya pun bermacam-macam. Lebih penting lagi, ada prestige sendiri dalam mengenakan merk batik yang satu ini.

Click to comment