Jenis-jenis Kayu Terbaik untuk Bahan Rak Buku dan Furniture Rumah

Rak buku adalah salah satu jenis furniture yang ikut menghiasi ruang tamu atau ruang keluarga di rumah. Rak yang digunakan untuk menyusun koleksi buku dan benda-benda koleksi sejenis ini tak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan, tapi juga saat ini memiliki fungsi sebagai furniture yang menghiasi ruangan. Bentuknya yang kini beragam dan variatif menjadi salah satu pemanis ruangan yang tak bisa dianggap remeh keberadaannya.

Seperti juga furniture pada umumnya, kita ingin agar rak yang kita miliki tak hanya terlihat indah tapi juga awet dan tahan lama. Dan umumnya rak yang terbuat dari kayu, memang memiliki tekstur dan bentuk yang indah namun tak sekuat rak yang terbuat dari bahan baku besi dan sejenisnya.

Bila Anda adalah pecinta furniture berbahan dasar kayu, ada baiknya Anda mengetahui tentang jenis-jenis kayu yang digunakan untuk membuat furniture, sehingga nantinya Anda bisa menilai kualitas dari peralatan rumah tangga yang Anda ingin beli. Dibawah ini adalah ulasan tentang beberapa jenis kayu dengan gambaran kualitas yang dimiliki, yang biasa digunakan untuk membuat rak buku dan furniture sejenis, diantaranya:

Rak Buku


1. Kayu olahan
Ada banyak macam kayu olahan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furniture. Diantaranya adalah: Particle Board (PB), Medium Density Fiberboard (MDF), Blackboard dan Plywood (triplex). Yang membedakan jenis-jenis kayu olahan ini adalah bahan baku kayu yang digunakan. PB bahan bakunya menggunakan serbuk kayu yang dicampur bahan kimia tertentu untuk merekatkan nya, sedangkan MDF menggunakan kayu-kayu hasil perkebunan. Sedangkan Blackboard dan plywood menggunakan potongan-potongan kayu dengan ukurannya masing-masing dan direkatkan atau disusun berlapis sehingga membentuk satu lapisan kayu yang kuat. Namun karena bahan kayu olahan, sudah pasti kekuatan kayu tak bisa dibandingkan dengan kayu-kayu potongan yang utuh. Namun dari segi harga pasti lebih terjangkau dibanding kayu utuh pada umumnya. 

2. Jati Belanda
Jati Belanda biasa disebut kayu peti kemas, karena biasa digunakan untuk mengemas produk impor. Warna kayunya kuning muda, dengan urat kayu dan ulir yang khas. Kayu ini juga dinilai cukup kuat untuk dijadikan furniture seperti rak untuk buku dan lain-lainnya.

3. Mahogany
Kayu ini memiliki urat berbentuk lurus, berwarna kecoklatan, dengan tingkat kekerasan kayu level menengah. Kayu ini sangat awet dan tahan dari pembengkokan ataupun penyusutan. Tekstur kayu yang cantik membuatnya bisa tampil indah tanpa cat. Cukup dilapisi dengan pelapis dari minyak untuk melindungi permukaan kulit kayunya. Karena kualitasnya yang baik serta kayunya yang tak mudah didapat, maka harga furniture dari bahan kayu ini memiliki harga yang mahal.

Baca Juga Mau Tahu Cara Menghangatkan Interior Rumah Putih Polos? Ini Dia Triknya

4. Cherry
Kayu cherry adalah kayu yang populer untuk pembuatan furniture termasuk rak untuk buku. Kayu ini mudah diolah, serat kayunya berdekatan, dan tahan dari penyusutan dan pembengkokan. Untuk finishing bahan kayu ini juga cukup hanya diberi pelapis minyak saja. Warna kayu ini akan kemerahan saat terkena cahaya.

5. Kayu Jati
Kayu jati memiliki kualitas yang paling prima dibanding kayu sejenis. Bentuk urat kayunya tegas dan lebar. Berwarna coklat tua untuk jati yang tua, dan agak pucat untuk kayu yang masih berusia muda. Selain tampilan kayunya yang menarik, jati juga punya daya tahan yang amat kuat. Selain itu ukurannya pun cukup berat dibanding kayu yang lain.

Setelah menyimak ulasan ini, Anda jadi lebih tahu bagaimana kualitas kayu yang dimiliki oleh rak buku ataupun furniture lain yang ingin Anda beli. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Click to comment