Jual Aki Mobil Murah, Ini Dia Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Membelinya

Aki merupakan salah satu komponen utama pada mobil. Sebab tanpa aki, mesin mobil tentu tidak dapat dihidupkan karena starter elektriknya tidak berfungsi. Demikian juga komponen mobil lainnya yang membutuhkan listrik seperti klakson, lampu, sein dan sebagainya, tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak ada aki mobil. Namun sayangnya, banyak para pengguna mobil yang masih awam soal pemilihan aki mobil sehingga seringkali mendapat masalah berupa aki mobil yang cepat tekor atau soak. Oleh sebab itu, jangan asal pilih tempat jual aki mobil  murah jika tidak ingin bernasib sama.

Tidak hanya bengkel resmi dan toko onderdil saja yang menawarkan beragam jenis aki mobil dari segala merek dan keunggulan. Saat ini sudah ada banyak toko online atau situs belanja online yang juga menyediakan aneka jenis aki mobil yang bisa saja Anda pilih atas dasar beberapa pertimbangan. Nah bagi Anda yang ingin membeli aki mobil juga, pastikan ikuti tips-tipsnya di bawah ini:

Jual Aki Mobil Murah, Ini Dia Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Membelinya


1. Aki kering atau basah.
Ada 2 macam aki sejauh ini, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering memiliki performa yang lebih tangguh daripada aki basah. Namun ada beberapa kekurangan dari aki kering, seperti misalnya kurang tahan terhadap panas mesin. Selain itu, harga aki kering juga jauh lebih mahal dibandingkan aki mobil basah. Kelebihannya, aki kering lebih tahan lama dan tidak perlu mengisi air accu. Meski demikian, baik aki kering atau basah, semua tergantung keputusan Anda.

2. Jangan pernah membeli aki bekas/rekondisi.
Sebisa mungkin jangan mudah tergiur dengan penawaran jual aki mobil murah tapi ternyata aki tersebut merupakan aki mobil bekas alias rekondisi. Aki rekondisi ini adalah aki yang bermasalah lalu ditukar tambah dengan aki yang baru. Terkadang ada beberapa oknum penjual yang menjual aki rekondisi tapi harganya sama dengan aki baru. Hal tersebut tentu sama saja dengan penipuan dan pemalsuan yang pastinya akan merugikan konsumen, khususnya pengguna aki mobil.

Oleh karena itu, belilah aki mobil hanya di tempat yang sudah terpercaya, jika membeli online pastikan membelinya di situs jual beli online terpercaya yang memberikan jaminan garansi untuk pembeliannya.

3. Perhatikan kapasitasnya.
Setiap aki, baik aki kering maupun aki basah tentunya memiliki kapasitasnya masing-masing dan ukuran yang berbeda. Ketika Anda akan membeli, pastikan periksa dahulu ukuran, ampere, dimensi serta tegangan dari aki tersebut. Kemudian spesifikasi tersebut disesuaikan dengan ukuran standar mobil Anda. Nah, agar aki mobil tetap awet dan tidak mudah soak, jangan pernah memilih aki mobil yang tegangannya lebih besar daripada yang dibutuhkan oleh mobil Anda. Tegangan yang tidak sesuai ini juga dapat menjadi penyebab kerusakan komponen mesin mobil Anda.

4. Merek dan harga.
Urusan merek dan harga sebenarnya penting tidak penting, dalam artian Anda bisa menyesuaikannya dengan budget Anda sendiri. Namun ada beberapa merek aki mobil yang sudah terkenal yang biasanya juga direkomendasikan oleh situs otomotif maupun toko jual aki mobil murah, namun untuk urusan harga tentu hal ini relatif. Masing-masing toko tentu mematok harga yang berbeda, terutama jika Anda membeli di bengkel atau toko onderdil yang dapat dibilang agak eksklusif. Namun jika memang Anda lebih percaya dengan toko tersebut, maka sebenarnya tidak menjadi masalah.

Click to comment