Yuk Intip Berbagai Macam Merk Batik Ternama Di Indonesia Hingga Saat Ini



Sekarang ini baju batik memang bukan lagi seni serta budaya milik Indonesia. Namun seiring ditetapkan sebagai world heritage oleh UNESCO, maka seni dengan mewarnai kain menggunakan motif tertentu ini sudah menjadi milik dunia, dari inilah kepopuleran dari batik secara terus menerus mengalami perkembangan. Dengan kegemaran orang mempergunakan batik, produksi batik pun semakin lama semakin besar. Dari semakin besarnya pasar ini, tidak mengherankan jika banyak orang yang berani untuk terjun langsung kedalam usaha pembuatan batik. Sekarang ini ada beberapa merk batik yang sudah populer di Indonesia. Apa saja merk yang populer tersebut?


Pertama, Danar Hadi. Merk seperti Danar Hadi ini merupakan merk yang begitu terkenal. Danar Hadi merupakan penggabungan dari penggalan nama si pemilik yakni Ibu Hj Danarsih serta ayah beliau yang bernama H. Hadipriyono. Batik Danar Hadi ini memang sudah berkembang dari jaman dahulu sejak tahun 1975, dan sekarang Danar Hadi sudah berkembang hingga di berbagai daerah seperti Jakarta serta kota besar yang lain. Saat ini Danar Hadi memang tidak hanya memproduksi batik saja, melainkan sudah merambah bisnis seperti museum batik, restoran, tempat pernikahan hingga furniture.

Kedua, Batik Keris. Usaha ini awalnya bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia melalui pakaian, namun sekarang pakaian ini sudah berkembang pesat menjadi sebuah perusahaan yang begitu besar dengan pabrik garmen serta toko-toko yang tersebar luas di Indonesia. Batik Keris didirikan oleh Ibu Gaitini di tahun 1947. Nama ini diambil dari nama toko batik pertama yang berdiri di Jalan Kom. Yos Sudarso, Solo. Di tahun 1970 usaha ini adalah batik rumahan, dan semakin berkembang hingga memiliki pabrik printing. Di tahun 1972, Batik Keris pun di jual di berbagai macam pusat perbelanjaan. Saat ini Batik Keris sudah menjadi pilihan baju batik untuk konsumen yang berada di kelas atas.

Ketiga, Batik Semar. Batik ini dulunya bernama Batik Bondroyono, yakni nama lain dari Semar. Batik ini dirikan Somadi Kasigit dan istrinya yang bernama Elia. Karena batik ini hanya di fokuskan untuk kalangan menengah ke atas, dulunya batik ini hanya di produksi dengan teknik tulis, namun dari ke tahun permintaannya semakin tinggi di kalangan masyarakat menengah, Batik Semar pun diperluas untuk memproduksi batik cap dan kombinasi. Ketika jaman sudah mengenal teknik printing serta sablonan, Batik Semar pun memperbanyak berbagai macam trend seperti memperbanyak warna, corak dan juga mode.

Keempat, Iwan Tirta. Iwan Tirta Iwan Tirta sudha pasti bukan nama yang asing untuk Anda. Iwan Tirta merupakan desainer serta perancang busana batik yang sangat terkenal. Ketertarikan Iwan dari batik diawali ketika dirinya menerima hibah John D. Rockefeller untuk mempelajari tari keraton Kasunanan Surakarta, dan pada saat tersebut Iwan bertekad melestarikan budaya melalui karya rancangannya. Hasilnya, prestasi yang diperoleh oleh Iwan sangat spektakuler, bahkan rancangan batiknya digunakan oleh pemimpin dunia saat pertemuan APEC yang ada di Indonesia di tahun 1994.

Terakhir, Parang Kencana. Merk Parang Kencana ini begitu populer di Indonesia. Batik ini didirikan oleh Mariana Sutandi di tahun 1992, Parang Kencana sudah sukses menjadi batik ternama, walaupun pada awalnya bisnis ini dimulai dengan keterbatasan akan tetapi dengan ketekunan dan kegigihan, sang pemilik sukses memasarkan baju batik hingga ke mall-mall besar dan terkenal.

Click to comment