Memilih Toko Online Handphone yang Aman Sebelum Membeli

Sekarang ini untuk berbelanja kebutuhan apapun cukup dengan menerapkan 3 langkah mudah saja. Tak perlu Anda jauh-jauh datang ke pusat perbelanjaan dan mencarinya. Semua mengandalkan sistem online. Barang bisa dibeli hanya situs-situs pada dunia maya saja. Cukup Anda memilih produk yang diinginkan. Bayar sesuai dengan tarifnya dan juga lakukan konfirmasi pembayaran agar barang segera dikirim ke tangan Anda. Sangat mudah bukan. Anda tak harus repot membawanya apalagi jika dalam jumlah banyak. tak hanya untuk kebutuhan fashion dan kosmetik saja. Nyatanya juga ada banyak produk teknologi yang dijual via toko online handphone.


Tentu Anda sendiri sudah tak asing dengan tawaran tersebut, mengingat dalam sebuah website biasanya akan diberikan beberapa pilihan produk, mulai dari fashion, rumah tangga, kosmetik, elektronik dan juga teknologi. Maka bisa klik pilihan teknologi dan gadget tersebut untuk temukan barang-barang yang Anda cari. Lalu apakah ada jaminan keamanan, mengingat nantinya produk teknologi juga membutuhkan waktu pengiriman hingga berhari-hari?

Selama ini banyak yang merasa puas dengan penjualan secara online tersebut. Karena barang yang diinginkan sampai ke rumah dengan selamat sesuai kebutuhan. Bahkan tak memungkiri juga sebenarnya, bahwa beberapa vendor teknologi hanya berani lakukan penjualan via online saja. Dengan pertimbangan keamanan barang dan juga sebagai alternatif pemasaran yang baru. Hanya saja juga tak memungkiri bahwa banyak konsumen yang tergiur iming-iming harga murah, membeli sembarangan dan tertipu. Karena oknum penipuan online sekarang ini sangatlah banyak.

Berikut ini setidaknya ada beberapa tips membedakan toko online handphone terpercaya dan juga tidak, yaitu:
  • Pilih situs yang sudah populer dan banyak dikunjungi oleh masyarakat, lebih aman berbelanja memang dari situs populer, karena banyak diantara mereka yang sudah terbukti tingkat kepercayaannya. Anda bisa memilih seri e-commerce atau market place, untuk bandingkan harga lebih banyak biasanya konsumen sendiri lebih senang berbelanja di situs market place, karena ada puluhan penjual dalam satu tempat, harga lebih variatif.
  • Website aman adalah yang bersertifikasi. Sertifikasi nya adalah sudah ditandai dengan HTTPS, sehingga menjamin keamanan konsumen yang ingin berbelanja di dalamnya. Anda bisa membandingkan hal tersebut dari nama domain.
  • Sebaiknya jangan gunakan jaringan internet gratisan. Utamanya adalah internet publik. Meskipun banyak diantara mereka yang dengan senang hati menawarkan akses Wi-Fi gratis, namun Anda harus hati-hati, banyak diantaranya yang memasang spy ware untuk mengakses data-data pribadi Anda. Utamanya jika ingin berbelanja kebutuhan online.
  • Belanja lewat link yang ditawarkan via sms maka wajib berhati-hati. Link-link tersebut biasanya jika Anda buka adalah sebuah website pribadi. Mereka memang tawarkan barang jualan, namun dengan harga yang sangat murah, jangan langsung tergiur, justru ada baiknya bagi Anda untuk curiga, karena ini bentuk penipuan yang paling marak dilakukan.
  • Belanja langsung dari aplikasi resmi, sekarang ini sudah ada banyak toko jual beli online yang mempertimbangkan penggunaan aplikasi mobile. Anda bisa download secara langsung via Google play store dan langsung bisa diakses, jaminan lebih aman.
  • Lebih hati-hati dalam melakukan pembayaran, utamanya adalah Anda yang menggunakan kartu kredit karena tak semuanya menjamin keamanan untuk dibuka pada semua situs.
Meskipun nyatanya mudah namun ada banyak resiko yang menghantui para pelaku belanja online. Apalagi untuk toko online handphone, karena harga perangkat ini sangatlah mahal.

Click to comment