Mengenali Lebih Jauh Tentang Peralatan Bermain Tenis

Permainan tenis adalah permainan yang sudah dimainkan sejak zaman dahulu kala. Bahkan dikatakan, permainan ini telah ada sejak zaman Mesir Kuno ribuan tahun yang lalu. Permainan yang dahulunya masih menggunakan tongkat dan bola kayu ini telah menjadi permainan berskala internasional dengan menggunakan raket dan bola yang dibuat dari kulit dan karet dilapisi wol, dengan berbagai macam peralatan tambahannya. Tahukah Anda apa saja peralatan yang dibutuhkan agar dua orang bisa bermain tenis dengan baik? Dibandingkan dengan olahraga lainnya, olahraga ini termasuk yang tak membutuhkan banyak peralatan. Hampir sama seperti badminton, permainan ini cukup membutuhkan lapangan terbuka, net, bola, dan raket. Hanya itu, dan Anda sudah bisa memainkan olahraga ini dengan nyaman. 


Sekarang, mari lihat secara lebih detail tentang setiap perlengkapan untuk bermain olahraga tersebut. Sebab meski terdengar umum, permainan ini tetap membutuhkan lapangan maupun perlengkapan spesifik. Bahkan lapangan untuk main bisa dibedakan menjadi 4, yaitu:
  • Lapangan rumput
Permukaannya dilapisi rumput dengan tanah keras. Bola di lapangan ini cepat meluncur dan punya efek pantulan kecil. Lapangan ini termasuk mahal pemeliharaan nya, sehingga sekarang semakin langka.

  • Lapangan semen
Jenis lapangan paling populer dan mudah ditemukan. Selain dari semen, kadang juga terbuat dari pasir aspal. Kadang juga dilapisi bahan seperti akrilik. Lapangan semen memiliki kecepatan bola yang cepat, sedangkan yang dari aspal termasuk sedang.

  • Lapangan tanah liat
Dibuat dari serpihan tanah liat atau batu bata yang dihancurkan. Laju bola di lapangan ini termasuk lambat, jadi permainan bisa berlangsung lama dan rally jadi panjang. Biasa dipakai baseliner karena lebih defensive.

  • Lapangan indoor
Lapangan di dalam ruangan. Kalau di Indonesia, lapangan ini biasanya lapangan semen, meski ada juga yang tanah liat. Di luar negeri lapangan dilapisi karet sintetis.

Setelah melihat jenis lapangannya, mari lihat perlengkapan-perlengkapannya:

  • Jaring/net
Alat yang membagi lapangan jadi dua bagian yang sama panjang. Net dibuat dari tali logam atau nylon yang kemudian dianyam, kemudian dikaitkan di batang besi/kayu yang sudah ditancapkan di tanah pada kanan dan kiri lapangan. Tingginya 90 cm dari permukaan.

  • Bola
Bola dari karet dilapisi wol di luarnya. Diameternya 6,35-6,66 cm, dan berat 56,70-59,4 gram.

  • Raket
Bisa terbuat dari baja, alumunium, titanium, maupun magnesium. Kuat namun lentur, dengan serat raket yang dibuat dari fiberglass, grafit, dan juga kevlar. Beratnya antara 13-13,5 ons untuk putri, dan 13,5-14 ons untuk putra.

Berbicara tentang raket, ini beberapa merk yang akan Anda temukan dengan mudah di Indonesia:

  • Wilson
Raket yang ringan, tidak terlalu mahal, menggunakan teknologi terbaru, dan cocok buat para pemula. Hanya saja, raket ini juga cenderung lebih licin.

  • Babolat
Raket serbaguna yang penampilannya paling unik dibandingkan dengan yang lainnya, dan sangat ringan. Bisa meredam getaran dan membantu meningkatkan performa, terutama saat melakukan smash.

  • Volkl
Raket yang harganya cenderung mahal, khusus dibuat bagi yang sudah profesional. Kuat, nyaman, ringan, dan stabil.

Selain raket-raket tenis di atas tersebut, masih ada pula merk seperti Yonex, Prince, Adidas, dan macam-macam merk lainnya. Raket untuk permainan ini bisa Anda temukan dengan harga bahkan di kisaran Rp200 ribuan, cocok kalau Anda hanya bermain untuk rekreasi. Tapi kalau Anda serius, maka sebaiknya Anda memilih peralatan yang memiliki harga di kisaran Rp500 ribuan ke atas.

Click to comment