Langkah Perawatan Baju Gamis Pesta Agar Tetap Awet

Layaknya merawat kebaya, baju batik dan baju berbahan kain tertentu lainnya, baju gamis pesta juga memerlukan perawatan khusus. Terlebih yang bahan kainnya cenderung tipis seperti satin, sifon dan hycon. Tentu akan sangat disayangkan jika gaun pesta kesayangan Anda rusak hanya karena langkah perawatannya tidak tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan gamis atau gaun pesta Anda:


Tips merawat gamis pesta hycon dan sifon

Jika Anda memiliki gamis atau gaun pesta berbahan hycon maupun sifon, Anda harus memberikan perawatan khusus kepada kedua jenis kain tersebut. Karena meski tekstur permukaannya berbeda (hycon sedikit lebih tebal dan kasar, sifon lebih tipis dan lembut) pada dasarnya kedua jenis kain ini lebih cepat amburadul atau permukaannya berserabut. Berikut ini langkahnya:

  • Sebisa mungkin hindari penggunaan mesin cuci, terutama yang bukakan atas. Mesin cuci bukaan atas masih banyak yang cara kerjanya adalah dengan membuat pakaian saling melilit. Jika masih ingin menggunakan mesin cuci, sebaiknya gunakan low speed spinner, timer yang singkat dan jangan mencampurnya dengan pakaian lain, cukup gamis pesta saja Anda. Kemudian perhatikan juga temperatur air, ada jenis sifon yang dapat menyusut ketika dicuci dengan air hangat.
  • Hindari penggunaan deterjen bubuk. Memang sebaiknya gamis hycon maupun sifon dicuci dengan tangan, namun untuk urusan deterjen nya, baik dengan mesin cuci maupun manual, gunakan deterjen cair yang lembut. Dan jangan terlalu lama merendamnya. Maksimal 20 menit saja.
  • Apabila terkena noda yang sulit hilang, gunakan cara yang alami seperti dengan baking soda, pasta gigi non-gel atau asam sitrat untuk menghilangkan noda yang membandel. Dan jangan menguceknya terlalu keras, gunakan sikat gigi saja.
  • Untuk yang berdetail payet atau manik-manik, sangat tidak disarankan memakai mesin cuci. Cuci dengan cara manual saja.
  • Rendam dalam pelembut pakaian selama 10 menit setelah pencucian, lalu gantung dengan hanger yang tebal di tempat yang teduh. Tidak perlu penggunaan mesin pengering dan sinar matahari langsung.

Merawat baju gamis pesta berbahan satin.

Gamis satin merupakan gamis yang sangat elegan dan anggun. Sedikit lebih tebal daripada kain sifon dan hycon, serat kainnya lebih rapat dan teksturnya lembut dan mengkilap. Kain satin mirip sekali dengan kain sutra. Bedanya, sutra terbuat dari serat alami sedangkan satin terbuat dari serat sintetis atau buatan. Berikut ini adalah cara perawatan gaun atau gamis pesta satin:

  • Sama halnya dengan merawat gaun pesta sifon dan hycon, pencucian gaun atau gamis pesta sifon adalah cukup dengan merendamnya di air yang sudah diberi deterjen khusus untuk kain yang lembut, atau dengan deterjen cair saja selama tidak lebih dari 10 menit.
  • Kucek dengan lembut atau sikat di bagian yang terkena noda dengan sikat gigi yang sudah diberi bahan alami seperti di atas.
  • Setelah dicuci, rendam dalam larutan pelembut atau kondisioner pakaian. Lalu gantungkan di tempat yang teduh, tidak perlu menggunakan pengering.

Nah demikian langkah perawatan baju gamis pesta yang benar dan baik. Ada lagi hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jika tidak sempat mencuci sendiri, sebaiknya tidak mencuci gamis pesta dengan bahan-bahan tersebut di sembarang laundry, harus di laundry khusus dan tidak dengan dry cleaning. Selain itu, untuk menyetrika gamis pesta tersebut, atur panas setrika ke nomor dua saja terlebih dahulu sebelum mulai menyetrika.

Click to comment