Tips Memilih Online Shop Demi Mendapat Sepatu Gunung Murah

Saat ini toko online atau populer disebut online shop telah menjamur menjadi bisnis yang digandrungi dan terbukti sangat menguntungkan. Bagi para pelaku bisnis online, pangsa pasar yang tidak terbatas dan jangkauan yang begitu luas membuat mereka bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Melalui gadget, para pembeli bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus repot ke toko biasa, misalnya saja sepatu gunung murah.


Namun seiring dengan maraknya toko online, selalu ada saja pihak yang berusaha mencari keuntungan dengan cara yang tidak bertanggung jawab dan tidak jujur. Penipuan online semakin marak terjadi. Setelah calon pembeli mentransfer sejumlah uang, kemudian toko online pun tiba-tiba menghilang dan kontak pun tidak dapat dihubungi. Itulah sebagian tindak kriminal yang sering terjadi.

Agar terhindar dari berbagai macam modus penipuan, tentu pembeli harus cerdas dalam memilih toko online. Banyak toko sepatu online yang menawarkan sepatu gunung murah atau sepatu brand terkenal dengan harga miring, namun Anda tetap harus waspada. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih toko online yang terpercaya.

  • Tampilan Toko
Tampilan toko online yang profesional adalah pondasi dasar untuk menentukan apakah online shop tersebut asli atau fake. Biasanya toko yang bukan bermodus akan memajang foto barang secara jelas dari berbagai angle. Kualitas foto pun bukan main-main dan hanya asal-asalan. Selain itu jumlah follower atau pengikut juga bisa jadi patokan meskipun tidak selalu benar. Lihat juga jumlah penyukanya. Jika toko tersebut memiliki follower ratusan ribu namun dengan komentar atau like yang hanya beberapa saja, maka ada kemungkinan toko tersebut hanya membeli akun palsu sebagai follower, agar terlihat mengesankan. Toko asli biasanya juga memiliki website yang jelas.

  • Alamat jelas
Toko online yang jujur tidak akan ragu untuk mencantumkan nama pemilik, alamat jelas, serta kontak nyata yang dapat dihubungi. Sehingga jika ada masalah dalam bertransaksi, Anda bisa langsung komplain ke alamat yang tertera.

  • Rekening jelas
Dengan nomor rekening jelas serta nama pemilik rekening, menjadikan hal tersebut mengurangi resiko penipuan. Hal ini karena jika ada sesuatu terjadi dengan transaksi, maka tetap bisa dipertanggungjawabkan lewat rekening tersebut.

  • Jam Operasional
Jam operasional yang jelas adalah standar tiap toko online maupun toko biasa. Meskipun banyak toko online yang buka 7 hari 24 jam, namun tetap memiliki jadwal yang jelas serta jumlah customer service yang mencukupi.

  • Harga layak
Harga adalah hal yang sensitif dalam transaksi jual beli. Biasanya banyak pembeli tertipu oleh toko online abal-abal karena tergiur dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasarannya. Harga yang terlalu murah harus diwaspadai karena hal ini adalah cara termudah penipu untuk menarik minat para calon korbannya.

  • Testimoni
Dengan adanya testimoni dan review dari para pembeli, membuat resiko penipuan sedikit berkurang. Meski banyak testimoni palsu bertebaran di dunia maya, namun dengan teliti dan mencermati setiap testimoni maka Anda bisa terhindar dari penipuan.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda akan membeli barang di toko online. Memastikan keaslian online shop di forum atau rekomendasi dari berbagai pembeli online juga bisa menjadi pertimbangan. Menemukan sepatu gunung murah atau item lain dengan harga miring memang menggiurkan, namun keamanan dalam transaksi menjadi hal yang harus diprioritaskan.

Click to comment