5 Syarat yang Harus Dimiliki Sepatu Gunung Sehingga Tepat untuk Dipilih

Ketika menikmati kegiatan pendakian gunung Kita tentu sudah mempersiapkan perlengkapan dan atribut yang sebaiknya dikenakan. Salah satunya adalah memakai alas kaki khusus yang akan sangat bermanfaat selama pendakian dilakukan. Opsionalnya ada dua, pertama melakukan pendakian dengan sandal gunung dan yang kedua mengenakan sepatu gunung. Pilihan kedua lebih banyak dipilih sebab dengan sepatu khusus pendakian gunung ada lebih banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diambil.


Berbeda dengan sandal gunung, pemakaian sepatu dirasa menjadi pilihan paling aman sekaligus ideal bagi pendaki. Pasalnya dengan sepatu khusus maka kaki akan mendapatkan perlindungan maksimal karena tertutup rapat. Sepatu ini bisa mencegah kaki terluka digigit hewan liar, menginjak tanaman beracun, terkena bebatuan runcing, dan lain sebagainya. Selain itu dengan kondisi kaki yang tertutup akan menjaganya tetap kering sekaligus bersih. Apalagi jika memilih sepatu yang sifatnya tahan air maka akan lebih menguntungkan lagi.

Jenis dari sepatu khusus mendaki gunung lumayan beragam ada yang dibuat dengan bahan anti air ada pula yang tidak. Sepatu jenis ini dikatakan cocok digunakan apabila memenuhi beberapa persyaratan berikut:
  • Sepatu yang memberikan kenyamanan,
Memilih sepatu untuk mendaki gunung sebaiknya tidak berpatokan pada merk ataupun harga, namun lebih kepada kenyamanannya. Pastikan mencobanya dahulu supaya nantinya tetap merasa aman dan nyaman selama mendaki meski melalui medan yang sulit.
  • Ukuran sepatu yang lebih besar,
Khusus untuk memilih sepatu gunung lebih disarankan memilih yang ukurannya lebih besar sedikit, yakni satu ukuran lebih besar. Supaya sepatu menyediakan ruang kosong yang nantinya saat mendaki gunung akan terasa betul manfaatnya. Sepatu yang ukurannya pas akan menghambat kaki dalam bergerak dan apabila melalui medan yang sulit maka rentan memberikan cedera. Itulah mengapa ukuran yang lebih besar jauh lebih aman dibanding yang pas.
  • Sebaiknya menutup dan melindungi mata kaki,
Gerakan kaki pada saat mendaki gunung biasanya dinamis dan kokoh sehingga mencengkeram pijakan lebih kuat. Kita tentu akan memerlukan sepatu yang handal supaya kaki tidak sakit atau cedera selama pendakian berlangsung. Sepatu yang ideal adalah yang memberikan perlindungan khusus pada mata kaki, dimana tekanan sering bertumpu di bagian tersebut. Cedera bisa dihindari sebab bagian vital ini terlindungi dengan baik, maka sepatu menyediakan perlindungan ini.
  • Lebih memprioritaskan sepatu waterproof,
Menjaga kaki tetap kering selama mendaki gunung akan membantu menghindari cedera sekaligus resiko hipotermia. Meskipun Kita bisa menggunakan sepatu yang tidak tahan air namun menjadikan kaki lembab dan ada kemungkinan menjadi basah. Apalagi jika pada saat mendaki gunung hujan turun sehingga perlu memprioritaskan yang tahan air atau waterproof. Sehingga menjadikan kaki selalu kering dan bersih untuk keamanan dan kenyamanan mendaki selama berhari-hari sekalipun.
  • Sol yang sesuai dengan medan tempuh,
Selain berbeda dari segi desain sepatu untuk mendaki gunung juga dibedakan berdasarkan jenis sol atau alas yang digunakan. Secara umum sepatu berdasarkan sol ini akan dibedakan menjadi tiga, yakni yang solnya soft, sedang, dan juga keras. Semuanya bagus asalkan sesuai dengan medan jalan yang dilalui, misal untuk sol yang soft lebih cocok di medan bebatuan. Sol yang keras akan cocok untuk medan tanah lembek, sementara sepatu gunung dengan sol sedang bagus untuk medan kombinasi bebatuan dan tanah lembek.

Click to comment