Ingin Beli Ban Mobil Bekas? Inilah Trik Tepatnya yang Harus Anda Tahu

Mengecek ban mobil infokendaraan.net mungkin banyak dilakukan hanya jika Anda ingin bepergian jauh. Padahal ban adalah salah satu faktor yang amat penting dalam hal keselamatan ketika berkendara. Bagi pemiliknya pun diharapkan untuk bisa menjaga dengan baik kondisi ban itu sendiri. Dengan kinerja yang paling berat, yakni menampung semua beban maka tak heran jika ban mudah sekali rusak. Jadi meski Anda akan berkendara dekat maupun jauh, maka ban mobil harus selalu dicek lebih dulu.

Tentu Anda tahu jika harga ban mobil begitu mahal. Tak heran jika banyak pemilik mobil yang mengincar ban mobil bekas untuk bisa menggantikan ban mobil lawasnya. Biasanya ada beberapa sebab mengapa ban mudah sekali aus dan kebanyakan adalah karena kesalahan pengemudinya misalnya saja karena pengemudi kerap memacu kendaraan lebih dari kemampuan ban. Anda harus tahu jika tiap pabrikan ban sudah memberikan penjelasan dan keterangan untuk bisa atur kecepatan maksimal yang bisa dipacu pengemudinya.

Kesalahan lainnya adalah bahwa pemilik mobil juga tidak tahu rotasi ban. Namun ternyata banyak pemilik mobil yang masih tidak tahu untuk merotasi ban dengan tepat. Sebab lain yang jadikan ban mobil cepat sekali aus yakni pengemudi yang tidak berkendara dengan benar misalnya menginjak gas lalu tiba-tiba melakukan rem. Untuk itu jika nantinya Anda punya ban mobil pengganti ada baiknya hindari semua kesalahan tersebut sehingga ban bisa senantiasa tahan lama dan tak boros.

Jika Anda ingin dapatkan ban bekas dengan kualitas yang masih bagus, maka berikut ini tipsnya:

Ingin Beli Ban Mobil Bekas


Pertama lihat di bagian struktur pada ban misalnya belt dimana tersusun oleh bagian kawat. Belt ini punya fungsi sehingga ban bisa selalu terlihat bulat dan mampu berjalan mulus. Pastikan belt itu tak ada bagian yang putus. Alasannya karena jika ada kawat yang putus maka bisa membahayakan.
Hindari ban yang bentuknya sudah bukan bulat sempurna misalnya dengan ada beberapa cela. Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena ban tersebut sebetulnya sudah tidak layak untuk dipakai lagi.
Untuk ban vulkanisir sebetulnya juga sudah tak layak dipakai karena merupakan ban bekas lalu diukir ulang dengan alur sebelumnya. Ban jenis ini sebetulnya cukup membahayakan karena bisa sewaktu-waktu meledak.

Pada dasarnya membeli ban dalam kondisi bekas sangatlah beresiko. Namun banyak sekali pemilik mobil yang sudah kepepet sekali. Jika memungkinkan, lebih baik menabung lagi dan beli ban dalam kondisi baru. Yang penting adalah bagaimana cara Anda memperlakukan ban dengan baik sehingga bisa lebih tahan lama dan memperpanjang umurnya. Anda bisa merawatnya baik dari segi cara berkendara hingga memberikan perawatan secara khusus.

Click to comment