Jenis Sepatu Gunung Mudah dan Fungsinya di Medan Pendakian

Sepatu gunung adalah salah satu perlengkapan yang harus digunakan oleh para pendaki sehingga dapat menghindari kejadian dan akibat yang tidak diinginkan. Sepatu tersebut berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan ataupun hal lainnya yang dapat menyebabkan kaki terluka dan cidera karena jika kaki cidera, dapat memberikan dampak yang fatal untuk pendaki dan rombongannya. Sepatu gunung murah ataupun mahal tidak dapat menjamin secara pasti keselamatan Anda karena Anda harus memilih sepatu gunung berdasarkan pada fungsi dan medan pendakian.

 
Pertama adalah hiking sandal. Sebenarnya menggunakan sandal tidak dianjurkan untuk para pendaki saat melakukan hiking karena kaki tidak memperoleh perlindungan secara menyeluruh misalnya di bagian jari ataupun di pergelangan kaki. Jenis alas kaki ini dapat menjadi pilihan ketika Anda melakukan hiking dengan track santai atau ringan. Pilihan sandal yang baik adalah yang memiliki bobot ringan dan nyaman untuk digunakan. Jangan lupa untuk memilih sandal yang mempunyai strap serta jahitan yang kuat tidak hanya di bagian tali namun juga sol sehingga dapat mencengkeram kaki dan medan dengan baik.

Kedua adalah trail running shoes yang merupakan sepatu lari yang khusus digunakan untuk melewati jalur lajur gunung. Jenis sepatu gunung ini cocok digunakan bagi Anda yang suka lari dengan medan gunung dan track yang dilalui tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu pendek yaitu sekitar 1-5 mill. Sepatu lari jenis ini cocok digunakan di gunung karena memiliki sol sepatu yang keras dan kuat sehingga dapat melindungi kaki baik dari cuaca ataupun medan yang buruk serta membantu Anda untuk memudahkan melewati tanjakan. Walaupun dapat digunakan untuk track gunung, sepatu ini juga dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Ketiga adalah hiking shoes yang cocok untuk digunakan untuk jalur yang landai serta medan yang tidak terlalu berat atau tidak terlalu terjal misalnya untuk jalur gunung Papandayan ataupun Prau. Biasanya, jenis hiking shoes terbuat dari kulit, nilon ataupun suede. Dengan kerangka yang mampu melindungi engkel dan memiliki bantalan kaki yang tidak terlalu tinggi, sepatu ini nyaman untuk digunakan ketika mendaki. Namun, jangan tertipu dengan sepatu gunung murah yang menyerupai bentuk dari jenis sepatu gunung ini karena kenyamanan dan kekuatan sepatu dapat mempengaruhi pendakian Anda.
 
Keempat adalah mid-weight boot yang mempunyai model klasik yang cocok digunakan saat Anda mendaki gunung dengan jalur yang cukup berat. Sepatu jenis ini didesain dengan perlindungan maksimal terlebih di tanjakan yang tinggi walaupun tidak jarang membuat pendaki merasa tidak nyaman untuk menggunakan sepatu mid-weight boot. Hal tersebut dikarenakan sepatu untuk track yang cukup berat ini memiliki sol yang keras, bantalan sepatu yang memiliki tinggi yang tanggung sehingga pergerakan kaki tidak fleksibel.

Jenis sepatu gunung yang beberapa diantaranya memiliki harga sepatu gunung murah berdasarkan pada fungsi dan track atau medan pendakian, diantaranya yaitu:

  • Heavy boot memiliki bantalan kaki tinggi dan kerangka sepatu yang nyaman. Jenis sepatu gunung ini cocok untuk track yang berat.
  • Mountaineering boot cocok digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang memiliki salju atau es namun tidak terlalu nyaman ketika digunakan di track yang sangat panjang. Jenis sepatu gunung ini memiliki design bahan yang terbuat dari jenis bahan yang mampu melindungi kaki dari suhu yang rendah.
  • Jungle boots untuk medan yang basah karena memiliki sol karet dan kanvas yang mudah mengering serta memiliki ventilasi untuk membantu mengeluarkan air dari dalam sepatu.

Click to comment