Kriteria Tas Kamera Digital Terbaik

Bagi Anda yang memiliki sebuah kamera digital untuk melakukan hobi fotografi Anda, pastinya sering membawa kamera tersebut berpergian. Suasana keramaian baik di alat transportasi umum maupun tempat wisata bisa memberikan resiko tersendiri pada kamera bawaan Anda jika tidak disimpan di media yang aman. Untuk menghindari kemungkinan buruk seperti terbentur nya kamera maupun tergores nya kamera akibat transportasi, maka diperlukan sebuah tas kamera digital yang memadai sehingga bisa menjadi tempat yang aman untuk kamera digital Anda. Jika Anda belum memilikinya maka lebih cepat membeli akan lebih baik agar kamera aman saat dibawa ke berbagai tempat tujuan.


Banyak jenis tas kamera yang dijual bebas dipasaran, namun ada juga tas kamera yang diberikan sebagai aksesoris gratis saat Anda membeli kamera digital tersebut. Bila tas merupakan aksesoris standar, maka besar kemungkinan tas tersebut sudah sesuai dengan syarat keamanan kamera yang Anda miliki. Namun jika Anda ingin membeli tas kamera yang lain, maka sebaiknya Anda memperhatikan point-point dibawah ini untuk mendapatkan keamanan yang maksimal bagi kamera Anda:
  • Memiliki material luar yang tahan air.
Dengan menggunakan bahan tahan air untuk permukaannya, tas kamera ini dapat melindungi kamera Anda dari titik air hujan. Namun untuk amannya segera hindarkan kamera dari guyuran air hujan karena meski menggunakan bahan anti air, bagian resleting tas tetap memungkinkan air merembes dan membasahi kamera Anda.
  • Pilihlah tas kamera digital yang busanya tebal.
Karena fungsi utama tas kamera adalah menahan benturan maka pilihlah tas yang didalamnya menggunakan busa tebal sehingga dapat menahan kamera pada tempatnya.
  • Semakin pas dan tidak ada ruang sisa maka semakin baik.
Tas kamera yang pas dengan body kamera adalah yang lebih baik karena dengan begitu kamera tidak akan mudah bergeser.
  • Memiliki sekat untuk memisahkan kamera dengan aksesorisnya.
Meski sama-sama bisa dibawa dalam satu tas, namun tas yang bersekat akan mencegah aksesoris kamera menggores kamera Anda. karenanya semakin banyak sekat maka akan semakin baik untuk memisahkan beberapa aksesori kamera Anda.

Pada umumnya tas kamera memiliki bentuk yang maskulin dengan model minimalis, namun kini dengan semakin banyaknya perempuan yang memiliki hobi fotografi, tas kamera juga dibuat dari beberapa bahan feminim seperti denim, sintetis dengan warna soft dan sebagainya. Tas kamera pada wanita juga dibuat menyerupai tas tangan wanita sehingga tidak terlalu terlihat seperti tas kamera. Apapun bentuknya, asalkan memenuhi beberapa point di atas maka tas akan layak untuk menyimpan kamera digital Anda yang sering dibawa ke berbagai lokasi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Dengan menggunakan tas digital camera maka kamera yang Anda miliki akan lebih aman dan nyaman untuk dibawa bepergian. Sebelum membawa kamera maka lepaskanlah aksesoris yang menempel seperti lensa, holder, tali, ataupun baterai untuk dapat disimpan secara terpisah. Hal ini juga yang wajib Anda lawan ketika hendak menyimpan kamera dalam tas kamera digital karena belum akan digunakan dalam waktu yang lama. Dengan melepas aksesoris maka umur kamera digital Anda akan lebih tahan lama dibandingkan apabila Anda menyimpannya dengan baterai yang masih menempel. Bersihkan selalu tas kamera setelah digunakan agar tetap bersih dan selalu siap ketika akan dibawa kapan saja dan dimana saja untuk menyimpan kamera digital Anda.

Click to comment