Pastikan Membeli Aki di Toko Spare Part Mobil Terpercaya

Spare part mobil adalah komponen-komponen yang ada pada mobil dan membentuk satu kesatuan sehingga mobil bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Salah satu spare part yang penting pada mobil dan perlu diberi perhatian khusus adalah accu atau aki. Aki sendiri berfungsi menyimpan listrik sehingga bisa membuat komponen mobil menyala sehingga tak ayal jika aki memiliki peran yang begitu vital dalam keseluruhan komponen mobil. Harga jual spare part mobil aki juga cukup beragam di pasaran tergantung dari merk, jenis dan kualitasnya.


Mobil-mobil modern saat ini dilengkapi oleh banyak sekali komponen elektronik sehingga peran aki sangat penting. Untuk itu Anda juga perlu tahu pemilihan aki yang benar dan sesuai untuk mobil Anda. Anda bisa membeli aki di toko jual spare part mobil yang terpercaya sehingga meminimalisir resiko penipuan. Bahkan toko yang terpercaya juga akan membantu Anda untuk memberikan sejumlah rekomendasi terhadap aki yang harus Anda pilih dan sesuai dengan kebutuhan mobil. Selain itu berikut ini da beberapa tips memilih aki untuk mobil baru, diantaranya:

  • Pastikan agar aki yang sudah dipilih sesuai dengan tipe dan jenis aki standar bawaan dari mobil. Apabila akan dilakukan upgrade, maka usahakan agar voltage sama atau naik 15% dari ampere standar aki mobil sebelumnya.
  • Perhatikan bagian tanggal produksinya, apalagi untuk aki jenis hybrid. Pastikan agar tanggal produksi yang tertera tidak lebih dari 6 bulan saat pembelian. Masa pakai ideal aki adalah sekitar 1,5 hingga 2 tahun sehingga apabila aki tersebut sudah melebihi 6 bulan tanggal produksi saat pembelian, maka masa usia pada aki sudah berkurang 6 bulan.
  • Apabila aki yang dipilih adalah jenis aki basah, maka cek di bagian cairan elektrolit. Pastikan cairan tersebut berada di antara garis batas maksimum dan batas minimum.

Mengingat masa aki yang tidak terlalu panjang, maka usahakan agar Anda merawat aki dengan lebih baik, sehingga selalu ada dalam kondisi yang optimal. Berdasar statistik yang ada, aki yang dirawat bisa memiliki masa pakai hingga 3 tahun lebih. Untuk itu pastikan merawat aki dengan cara sebagai berikut ini:

  • Sebelum mematikan mesin, pastikan agar keseluruhan komponen dan peralatan elektronik dalam mobil sudah mati, misalnya lampu depan, lampu interior, lampu parkir, wiper mobil, alarm, gps hingga perangkat navigasi, perangkat video dan musik. Dengan membiarkan berbagai peralatan tersebut tetap hidup, maka hal ini bisa menguras daya pada aki mobil dan beresiko merusak sistem listrik pada mobil.
  • Apabila mobil tidak dinyalakan selama satu atau dua minggu, maka usahakan agar aki mobil telah diisi sampai penuh. Hindarkan aki dalam kondisi kering dengan cara memanaskan mobil setiap hari meskipun mobil tidak digunakan.
  • Korosi yang terdapat pada terminal aki bisa membuat usia pakai aki semakin pendek. Untuk itu usahakan agar selalu dibersihkan atau minta pada montir untuk membersihkannya saat servis.
  • Periksa apakah ada bagian kabel yang longgar di aki sehingga membuat dudukan aki tidak stabil.

Itulah beberapa ulasan terkait aki mobil. Mengingat pentingnya spare part ini, maka pastikan untuk membelinya di toko jual spare part mobil yang terpercaya. Selain itu, servis lah mobil secara berkala agar aki dan spare part lainnya tetap dalam performa yang maksimal.

Click to comment