5 Langkah Jual Mobil Bekas Anda yang Bisa Diterapkan

Mobil memang merupakan kebutuhan bagi banyak orang terutama dari golongan menengah keatas. Sehingga tidak mengherankan lagi apabila jalanan sekarang sering macet karena begitu mudahnya orang untuk mendapatkan mobil bahkan dengan tawaran kredit dan uang muka yang kecil. Akan tetapi bagi Anda yang tetap ingin membeli mobil tetapi dengan harga yang lebih rendah salah satu solusinya adalah dengan membeli mobil bekas dari personal. Bagi orang yang ingin jual mobil bekasnya juga sebenarnya mencari pelanggan apabila ingin menjual kendaraannya dengan cepat dan dengan harga yang cocok. Karena memang menjual kendaraan bekas bisa dibilang lebih sulit untuk menemui kesempatan antara penjual dan pembeli terutama dari segi harga.


Oleh karena itu bagi yang ingin menjual kendaraan bekasnya tetapi dengan harga yang tetap menguntungkan harus mengikuti tips-tips yang akan disampaikan dalam artikel ini. Tips pertama adalah dengan memeriksa kondisi mobil yang akan dijual tersebut. Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya pelanggan walaupun membeli barang bekas juga menginginkan kondisi barang yang masih bagus. Oleh karena itu pemilik mobil sebaiknya memeriksa dengan teliti terlebih dahulu bagian mobil bekasnya. Pastikan mobil tersebut mempunyai kondisi yang prima seperti oli yang baru, mesin yang menyala, AC bekerja dengan baik, dan apabila ada kerusakan sedikit segera saja untuk diperbaiki terlebih dahulu sebelum dijual.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan juga perbaikan kerusakan pada mobil, hal selanjutnya adalah dengan membersihkan mobil secara keseluruhan. Percuma saja apabila hendak menjual kendaraan dengan semua mesin dan komponen lain masih bekerja dengan baik tetapi tidak dibersihkan sehingga kelihatan kotor. Cara membersihkan mobil yang benar seperti:

  1. Keluarkan barang-barang yang tidak berguna dalam mobil. Terutama untuk barang pribadi sebaiknya dikeluarkan sehingga mobil terlihat rapi.
  2. Bersihkan dan cuci mobil dengan detail sehingga terlihat mengkilap.
  3. Pakaikan sabun, pewangi, dan juga semprot pengharum di dalam mobil agar mempunyai aroma yang sedap.

Tips selanjutnya adalah dengan mengecek harga jual mobil bekas di pasaran. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan harga pasang mobil sehingga dapat disesuaikan dengan harga pasar. Harga mobil bekas dengan merk dan tipe yang sama di pasaran juga sebagai acuan agar harga agar tidak terlalu mahal atau juga terlalu murah.

Langkah selanjutnya adalah untuk menentukan cara penjualan mobil bekas yang akan dilakukan. sistem untuk dapat menjual kendaraan dengan cepat yang banyak dilakukan seperti:

  1. Menyebarkan brosur tentang penjualan mobil dengan informasi harga dan spesifikasi atau keadaan mobil.
  2. Menggunakan jasa makelar untuk dapat menjadi penghubung dan mencarikan pembeli dengan imbalan komisi yang telah disetujui bersama.
  3. Menjual kendaraan bekas di tempat yang menerima penjualan dan mampu membeli mobil bekas.
  4. Menawarkan kepada teman dan orang-orang yang ada di lingkungan terlebih dahulu.
  5. Menggunakan media online untuk dapat menjual kendaraan bekas lebih cepat daripada cara yang lain.

Dan terakhir ketika sudah ada peminat yang ingin melihat dan membeli mobil adalah dengan memilih cara yang aman untuk transaksinya. Akan lebih baik untuk dapat memilih calon pembeli yang berada di daerah yang sama sehingga dapat kopi darat dan menguntungkan kedua belah pihak. Pembeli dapat untuk melihat langsung barang sedangkan orang yang jual mobil bekas juga akan lebih merasa aman. Akan tetapi apabila mendapat pembeli yang tidak satu daerahpun tidak masalah asalkan berhati-hati ketika memilih dan mengecek transaksi pembayaran yang aman.

Click to comment