Tiket Kereta Api Kini Bisa Dipesan dengan Mudah Via Online

Kereta api kini bukanlah moda transportasi yang bisa disepelekan lagi. Sejak PT KAI merombak besar-besaran seluruh sistem dan juga gerbongnya, kini kereta api sudah menjadi moda transportasi yang difavoritkan kembali oleh masyarakat luas. Mulai dari pembelian tiket kereta api yang bisa dilakukan secara online, setiap tiket diberikan tempat duduk, kebersihan gerbongnya dan masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki kereta api hingga kini.


Namun yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah kemudahan dari tersedianya layanan online untuk pemesanan tiket kereta api yang dapat diakses melalui website dan juga aplikasi. Namun banyak juga yang hingga kini masih penasaran untuk bisa memilih tempat duduk nyaman di kereta, terutama untuk yang akan menempuh perjalanan panjang. Meskipun Anda memilih kelas kereta ekonomi, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kursi yang nyaman.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan demi bisa mendapatkan tempat duduk nyaman di kereta api:

Hindari tempat duduk yang dekat bordes dan toilet

Yang pertama dan utama, usahakan untuk menghindari tempat duduk kereta yang dekat dengan bordes dan juga toilet. Hal ini dilakukan agar Anda bisa terbebas dari bau yang tidak sedap yang kerap menyeruak dari toilet. Selain itu, Anda juga akan sering terganggu karena banyaknya orang yang lalu lalang untuk masuk dan keluar toilet. Sedangkan bordes adalah akses masuk untuk ke kabin utama yang biasa juga dipakai sebagai akses melintas untuk jalur penyeberangan ketika kereta parkir di peron.

Tempat duduk dekat jendela selalu yang terbaik

Baik di pesawat atau di kereta api, banyak sekali penumpang yang berusaha untuk mencari tempat duduk di dekat jendela. Hal ini lantaran dengan duduk di dekat jendela, maka Anda bisa melihat pemandangan luar dengan lebih mudah. Tempat duduk dekat jendela biasanya ditandai dengan huruf A atau D.

Tempat duduk dekat lorong juga lumayan

Apabila Anda termasuk orang yang sering buang air kecil, maka tempat duduk di dekat lorong juga bisa menjadi alternatif. Tempat duduk dekat lorong biasa ditandai dengan huruf B dan C sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk masuk dan keluar kamar mandi.

Menghindari tempat duduk di beberapa nomor ini

Selayaknya pesawat yang memiliki tempat duduk yang tidak memberikan kenyamanan, kereta api juga memilikinya. Tempat duduk yang kurang mampu memberikan kenyamanan di kereta api diantaranya adalah di barisan nomor 1 sampai 4 pada ABCD, dan juga tempat duduk dari nomor 19 ke 22 di baris ABCD. Posisi tempat duduk tersebut dekat dengan toilet dan bordes. Selain itu kapasitas bagasi juga lebih kecil karena bentuk ruangan yang menyempit.

Hindari goncangan dengan memilih nomor tempat duduk ini

Untuk Anda yang kerap mabuk ketika menghadapi goncangan di perjalanan, maka bisa memilih tempat duduk di bagian tengah yang bisa meminimalisir terjadinya goncangan. Titik tengah untuk tempat duduk kelas ekonomi AC adalah pada nomor 11 dan 12 sehingga bisa menjadi pilihan.

Itulah beberapa tips dalam memilih tempat duduk ketika Anda membeli tiket kereta api. Perhatikan kembali arah datang kereta sehingga Anda bisa menentukan nomor tempat duduk Anda yang tepat. Pastikan juga untuk selalu mengawasi barang bawaan agar Anda dan semua barang bawaan bisa selamat hingga ke tujuan.

Click to comment