Tips Pintar dalam Memilih Spare Part Mobil di Toko Jual Spare Part Mobil

Bagi Anda pecinta otomotif tentunya tidak asing dengan spare part mobil atau yang lebih dikenal dengan suku cadang. Memilih spare part mobil memang dapat dikatakan gampang-gampang susah, namun jika Anda mau teliti dan berhati-hati dalam memilihnya pastinya Anda tidak akan menyesal dengan beberapa hal yang sudah semestinya Anda lakukan. Untuk itu berikut beberapa tips membeli suku cadang di jual spare part mobil untuk Anda:


  • Perhatikan mutu,

Ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan karena dengan mutu yang bagus dari spare part mobil yang akan Anda beli tentunya akan menjadikan kualitas suku cadang pilihan Anda. Pastikan Anda memilih suku cadang dengan mutu yang sangat baik apabila ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama dan sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda.

  • Pastikan Anda mampu merawatnya,

Pilihlah suku cadang yang mudah dalah perawatannya, pastikan juga Anda mampu memeliharanya dengan baik dan gunakan sebijak mungkin sehingga tingkat keawetan pun tinggi. Jangan sampai Anda menggunakannya dengan cara yang tidak benar dan akan membuat spare part mobil Anda rusak. Sebab sebagus apapun kualitas suatu barang jika pemiliknya tidak tepat dan bijak dalam menggunakannya sudah dapat dipastikan akan cepat rusak dan tidak akan bertahan lama.

  • Beli di tempat jual spare part mobil resmi,

Dengan membeli spare part mobil di toko yang resmi akan meminimalisir jika barang tersebut tidak original. Meskipun sebenarnya tidak ada jaminan yang memastikan bahwa barang tersebut benar-benar original atau asli, namun jika suatu saat Anda mengalami keluhan terkait barang yang sudah Anda beli makan Anda dapat dengan mudah mengajukan keluhan kepada toko tersebut karena memang dilindungi oleh hak UU konsumen.

  • Pastikan produk original,

Untuk membuat Anda tidak menyesal kemudian hari, maka pastikanlah Anda membeli produk yang asli. Jangan sampai Anda terkecoh dengan membeli barang yang palsu. Hal tersebut akan merugikan diri Anda. Apalagi jika Anda tertipu dengan mengeluarkan banyak uang namun sparepart mobil yang Anda dapatkan adalah barang palsu. Berikut beberapa ciri untuk memastikan apakah suku cadang mobil yang akan Anda beli tersebut asli atau barang palsu:

  • Kemasan, perhatikan kemasan yang ada pada suku cadang yang akan Anda beli. Untuk suku cadang yang asli biasanya memiliki ciri tulisan yang ada pada kemasan lebih jelas bila dibandingkan dengan sparepart yang palsu.
  • Harga, berhati-hatilah dalam memilih suku cadang yang bagus kualifikasi nya namun harga yang ditawarkan begitu murah. Anda perlu mewaspadainya karena bisa saja itu merupakan produk abal-abal dan tiruan. Barang yang bagus pastinya setara dengan harga yang tinggi.
  • Garansi, suku cadang yang asli biasanya memiliki garansi langsung secara resmi dengan produsen asli yang mengeluarkan produk tersebut atau langsung dari kendaraan yang bersangkutan. Pastikan hal tersebut sudah Anda cek.
  • Komponen, lihat secara detail komponen pembuat suku cadang yang Anda beli. Suku cadang yang asli biasanya terbuat dari bahan yang jauh lebih berkualitas misalnya dari baja, sedangkan untuk suku cadang yang palsu pastinya terbuat dari bahan yang mudah dicari dan sangat tidak berkualitas seperti terbuat dari besi saja. Untuk itu Anda harus dapat membedakannya. Jika ada indikasi spare part mobil yang Anda beli tersebut palsu, segeralah hubungi toko jual spare part mobil tempat Anda membelinya.

Click to comment