Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Aki Mobil Anda Tidak Tekor

Aki merupakan salah satu bagian kendaraan yang memang sangat penting untuk kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Aki memiliki fungsi sebagai penyalur daya listrik pada bagian yang lainnya misalnya seperti bagian starter, lampu, dan bagian yang lain nya. Mengingat bahwa aki memiliki peran yang sangat penting, maka hal inilah yang menjadikan banyak para pemilik kendaraan haruslah lebih memperhatikan pada kondisi aki, termasuk melakukan perawatan pada aki mobil yang memang harus diperhatikan dengan sebaik mungkin agar aki kendaraan dapat bertahan lebih lama tanpa kendala apa pun.

Apabila mesin kendaraan akan di hidupkan, maka aki pun akan sepenuhnya di gantungkan pada charging sistem dibagian mobil. Karena perannya aki untuk kendaraan yang sangat penting inilah yang menjadikan Anda sebagai pemilik kendaraan haruslah lebih pandai dalam melakukan perawatannya secara rutin agar aki kendaraan tetap terjaga dengan baik serta tidak akan mengalami kendala apa pun. Apabila Anda belum mengetahui tata cara dalam melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk mengetahui beberapa cara yang ada di bawah berikut.

Melakukan perawatan pada aki kendaraan pun juga sangatlah mudah untuk Anda lakukan, sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk melakukan perawatannya. Sedangkan untuk melakukan perawatannya pun tidak perlu mengeluarkan banyak uang sekaligus tidak perlu pergi keluar rumah untuk membawanya ke bengkel, karena Anda dapat untuk melakukan perawatannya di rumah dengan proses yang mudah.

Berikut ini tips merawat aki mobil, yaitu sebagai berikut ini:

Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Aki Mobil Anda Tidak Tekor


1. Periksa jumlah elektrolit aki.
Anda harus memeriksa elektrolit mobil Anda secara rutin, paling tidak sebulan sekali. Pastikan bahwa aki pada mobil Anda tidak berkurang dari bawah garis low level, karena hal ini akan menandakan bahwa untuk garis yang berada pada garis low berarti elektrolit aki telah berkurang serta membutuhkan pada tambahan air aki.

2. Memeriksa terminal aki.
Untuk memeriksa terminal aki pun juga sangatlah mudah, karena Anda dapat memeriksanya secara visual, pastikan bahwa terminal aki pada mobil Anda tidak kelonggaran, tidak berjamur dan tidak berkarat.

3. Memanaskan mobil.
Sebelum Anda menggunakan mobil, maka alangkah baiknya jika Anda memanasi mesin mobil terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil kesayangan Anda, sehingga hal ini akan lebih menghemat dan menjaga aki pada mobil Anda.

4. Memeriksa sistem pengisian
Pada saat Anda melakukan pengisian aki pun juga haruslah diperhatikan dengan sebaik mungkin, sekaligus Anda pun juga harus mengetahui indikator aki melalui dashboard mobil. Sehingga Anda akan mengetahui kapan Anda akan mengisi aki.

Dengan mengikuti beberapa cara yang ada di atas, maka Anda pun tidak akan lagi merasa kesulitan dalam melakukan perawatan pada aki kendaraan Anda. Dengan begitu maka pastikan bahwa Anda tidak salah dalam melakukan perawatan pada aki kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi yang bagus dan terbaik sekaligus tidak membuat aki pada kendaraan Anda tekor.

Apabila Anda melakukan perawatan aki mobil Anda dengan cara yang benar dan secara teratur, maka hal inilah yang menjadikan diri Anda merasakan kenyamanan selama mengendarai mobil kesayangan Anda sekaligus akan menjadikan diri Anda akan terasa lebih nyaman selama melakukan perjalanan jauh. Sedangkan perawatan yang dapat dilakukan pun juga sangatlah mudah dan praktis, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan perawatannya yang akan lebih memudahkan diri Anda dalam melakukan perawatannya.

Click to comment