Bingung dengan Menu Buka Puasa? Inilah Beberapa Pilihan Makanan Warteg untuk Anda!

Tidak dapat dipungkiri, masyarakat Indonesia memang menyukai makanan yang memiliki harga yang sangat murah, namun mendapatkan porsi yang begitu banyak. Bagi Anda yang menunaikan ibadah puasa dan mungkin sering kali Anda bingung menu buka puasa apa yang paling nikmat dan juga dapat membuat Anda berhemat, maka makanan warteg menjadi salah satu solusinya. Pastinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya warteg. Rumah makan sederhana ini pun sangat mudah untuk Anda dapati karena biasanya di sudut jalan pun pasti setidaknya memiliki 1 warteg. Makanan yang dibuat pada rumah makan sederhana tersebut pun nyatanya sangat beragam dan memiliki ciri khas dimana Anda dapat memilih sayur atau lauk yang diinginkan disertai dengan nasi yang bisa Anda atur sendiri banyaknya. Berikut inilah beberapa menu warteg yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia: 

  • Tempe Orek
Jenis makanan pertama yang paling populer yang disuguhkan oleh warteg adalah tempe orek. Hampir semua masyarakat yang membeli makanan disini pastinya memilih tempe orek sebagai salah satu lauknya. Ada dua jenis macam tempe orek yang disediakan, yang pertama adalah yang cenderung basah atau memiliki sedikit kuah dan yang kedua adalah yang kering dan terasa renyah sekali. Anda pun bisa memilih sesuai dengan selera dan kesukaan masing-masing.

  • Kentang Balado
Kebanyakan dari masyarakat Indonesia menyukai makanan yang memiliki sedikit rasa pedas, oleh karena itu jika Anda ingin mencicipi makanan warteg yang memiliki rasa pedas untuk berbuka puasa, maka kentang balado-lah jawabannya. Berkomposisi kentang dan sambal sebagai bahan utama, namun ada juga warteg yang menambahkannya dengan ati ayam atau pun petai agar rasanya semakin unik dan nikmat. Selain itu, jenis hidangan ini juga kerap disertai dengan telur yang membuat rasanya semakin bervariatif.

  • Tumis Kangkung
Sudah bosan dengan daging-daging dan ingin mencoba sesuatu yang lebih menyehatkan, maka Anda bisa mencoba tumis kangkung ala warteg yang masih menjadi salah satu menu terfavoritnya. Jenis sayuran ini dimasak dengan menggunakan cabai serta berbagai jenis bumbu lainnya, serta memiliki kuah yang rasanya begitu apik jika dicampurkan dengan nasi Anda. Beberapa orang lebih suka memakan sayur ini hanya dengan menggunakan nasi dan tempe orek karena rasanya yang begitu lengkap dan nikmat.

  • Usus Ayam Bumbu Kuning
Menu andalan dari warteg yang lainnya yang juga bisa Anda jadikan sebagai menu buka puasa adalah usus ayam bumbu kuning. Usus ayam memang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun untuk pelengkapnya, para pemilik warteg menambahkan bumbu kuning yang terbuat dari kunyit agar rasanya pun semakin bervariasi, lezat dan membuat perut Anda merasa puas. Tidak sedikit yang mencampurkannya dengan kuah kari agar rasanya semakin nikmat.

Click to comment