Menilik Strategi dalam Penyimpanan Uang untuk Tabungan Pendidikan Anak

Pendidikan untuk anak menjadi hal yang sangat penting demi kehidupan ke depannya. Tentunya hal ini menjadikan setiap orang tua juga wajib mempersiapkan pendidikan anak dengan sangat baik. Tentunya bukan hanya sekedar perencanaan dimana dirinya akan sekolah saja, namun perencanaan pun juga termasuk dalam hal keuangannya. Keuangan tentu menjadi hal yang terpenting mengingat kini pendidikan butuh biaya yang tidak sedikit


Saat ini sudah ada banyak sekali negara yang menerapkan pendidikan dengan gratis untuk masyarakatnya. Meski demikian, Indonesia masih termasuk negara dengan biaya pendidikan yang cukup mahal. Biaya pendidikan jadi momok yang kerapkali mencekik untuk tiap orang tua. Bahkan kadang pemasukan dari orang tua pun juga kandas begitu saja untuk membayar kebutuhan pendidikannya mulai dari kebutuhan SPP, buku, seragam dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan keuangan bagi pendidikan anak, maka berikut ini beberapa pilihan produk keuangan yang bisa jadi pilihan Anda:

  • Tabungan konvensional
Untuk cara penyimpanan yang pertama adalah dengan tabungan konvensional biasa. Ya, cara penyimpanan yang satu ini tentu menjadi cara penyimpanan yang paling umum dilakukan oleh orang tua. Bahkan untuk memudahkan, Anda bisa juga dengan membuat tabungan khusus atas nama anak Anda sehingga bisa lakukan penyimpanan dengan terfokus. Mudah dan bisa diambil kapan saja, tentu ini menjadi keunggulan dari tabungan konvensional.

  • Tabungan pendidikan
Jika sebelumnya ada tabungan konvensional, maka kini sudah ada tabungan yang khusus untuk keperluannya yakni tabungan pendidikan. Tabungan yang satu ini sedikit berbeda karena mampu memberi fasilitas berupa asuransi jiwa. Umumnya tabungan pendidikan menggunakan sistem dengan auto debet. Tabungan ini bisa dibilang lebih realistis sehingga diharapkan bisa mencapai kepada target jumlah nominal yang akan dicapai.

  • Asuransi pendidikan
Tak hanya tabungan, Anda juga bisa memilih produk berupa asuransi pendidikan. Tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan sedikit berbeda dimana perbedaannya adalah dari segi penerbit, potongan pencairan dana hingga keuntungannya. Oleh karena itu sebelum memilih, ada baiknya mempertimbangkan lebih dulu dengan baik.

  • Investasi emas
Jika menyimpan dengan bentuk uang terasa sulit karena mungkin terbentur dengan banyak kebutuhan, maka ada baiknya jika Anda mencoba menyimpannya dalam bentuk emas. Ketika uang sudah cukup, maka bisa langsung membeli emas beberapa gram untuk simpanan si kecil di masa depan.

Itulah beberapa jenis produk keuangan yang bisa jadi cara penyimpanan untuk pendidikan anak di masa mendatang. Tentu Anda tahu benar jika biaya pendidikan memang kian lama kian tinggi, sehingga ada baiknya untuk mempertimbangkannya sejak awal sebelum anak mulai sekolah. Dengan cara ini, maka anak akan bisa lebih terjamin di masa mendatang.

Click to comment