4 Kiat Menjaga Performa Mesin Mobil Bekas Agar Tetap Prima

Bagi Anda yang kebetulan memilih mobil bekas tentu memiliki tantangan tersendiri untuk bisa menjaga performa mesinnya tetap baik. Mobil bekas memang menjadi pilihan cukup menarik bagi siapa saja yang memiliki budget tidak terlalu banyak. Sebab harganya sendiri memang sangat murah jika dibandingkan dengan mobil baru yang dipajang di dealer resmi. Hanya saja karena statusnya barang bekas tentu mobil bekas ini memiliki kekurangan lebih banyak ketimbang mobil baru. Kekurangan bisa dari tampilan fisik bisa pula dari performa mesin
 

Tidak perlu berkecil hati dan gusar jika mendapati kondisi mesin mobil bekas yang Anda beli sudah tidak lagi maksimal. Lakukan beberapa kiat berikut agar tidak mudah rusak dan soak:

1. Rajin service,

Menjaga mesin mobil bekas tetap maksimal Anda perlu memberikan service secara berkala dan bisa jadi malah harus lebih sering. Service ini akan membantu mendapatkan mesin mobil yang selalu bersih dan memastikan komponennya masih layak pakai. Disarankan untuk memilih bengkel terbaik, tidak musti bengkel resmi karena tergantung pada kecocokan selera dan kriteria Anda secara pribadi.

2. Ganti oli lebih sering,

Umumnya mobil yang sudah berumur akan mudah bermasalah dengan karat di berbagai komponen mesinnya. Maka Anda perlu memberikan cairan pelumas atau oli yang sesuai spesifikasi mesin dan memang oli baru bukan bekas dan abal-abal. Ganti oli tepat waktu dan memang untuk mobil bekas biasanya perlu ganti oli lebih sering ketimbang mobil baru. Namun dijamin tidak akan rugi karena bisa memastikan mesin mobil berfungsi dengan baik dan kinerjanya pun semakin maksimal.

3. Gunakan mobil setiap hari,

Berhubung mobil yang Anda miliki memang sudah setengah pakai dan bisa jadi umurnya 5 tahun atau sedikit di bawahnya. Dalam kondisi seperti ini sangat dianjurkan untuk menggunakan mobil tersebut secara rutin. Sebab dengan memacu mesin mobil untuk bekerja ketika di kemudikan bisa menjaga performanya dengan baik. Apabila mobil ini hanya dipakai beberapa kali dalam seminggu paling tidak mesinnya dipanaskan. Memanaskan mesin mobil adalah metode klasik yang efektif melindungi performa mesin, jadi jangan sampai terlupa.

4. Rutin membersihkan filter karburasi,


Biasanya banyak mobil bekas yang memang cukup sulit untuk dinyalakan, apakah model yang baru Anda beli juga demikian? Meski lumrah bukan berarti hanya bisa didiamkan saja karena artinya ada yang error di bagian mesinnya. Disarankan untuk langsung mengecek filter karburasi, sebab jika bagian ini kotor maka membuat mobil susah di starter. Membersihkannya tentu sangat mudah namun jika khawatir melakukan kesalahan Anda bisa datang ke bengkel. Filter karburasi yang bersih memberi jaminan mobil tua sekalipun gampang dinyalakan.

Click to comment