Tips Merawat Ban Motor yang Benar Agar Awet

Agar motor senantiasa awet dan bisa bekerja dengan normal, merawat tiap-tiap komponennya dengan baik dan teratur merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu komponen yang tidak boleh Anda abaikan adalah ban. Untuk kendaraan bermotor, ban merupakan bagian yang sangat penting. Layaknya kaki pada manusia, ban memiliki peran untuk laju kendaraan agar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ban yang tidak terawat tentu tidak akan nyaman saat digunakan untuk berkendara. Salah-salah malah bisa membahayakan pengemudinya. 
 
 
Biasanya perawatan ban banyak diacuhkan oleh para pengguna kendaraan bermotor. Terkadang mereka hanya menunggu saat ban mengalami kendala saja, seperti saat mengalami kebocoran atau saat ban terasa licin sehingga menyebabkan tergelincir. Padahal jika ban dirawat dengan baik dan teratur, bisa jadi ban akan lebih awet dan tidak akan pernah bocor. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban agar awet:

  • Menjaga tekanan udara.

Tekanan udara pada ban menjadi faktor utama yang harus Anda perhatikan. Karena akan mempengaruhi awet dan tidaknya ban pada sepeda motor Anda. Ban yang memiliki tekanan udara di atas standar (terlalu keras) bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan saat di kemudikan, seperti ban yang menjadi slip. Sedangkan saat tekanan ban di bawah standar (terlalu lembek) akan menyebabkan kontur ban cepat rusak serta velg yang mudah penyok saat melintasi jalanan yang berlubang. Selain itu ban yang kekurangan angin juga rawan tertembus paku atau benda tajam saat di jalan.

  • Memperhatikan medan yang dilalui.

Medan yang dilalui juga sangat menentukan keawetan ban itu sendiri. Untuk itu selalu waspadalah dengan kondisi jalan di depan Anda. Saat menghadapi jalanan yang berlubang atau tidak rata, sebaiknya hindari sebaik mungkin. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, pacu kendaraan Anda secara perlahan demi keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

  • Memilih jenis ban yang tepat.

Untuk Anda yang tinggal di daerah dengan kondisi jalanan yang rata atau beraspal, Anda bisa memilih ban racing yang disesuaikan dengan ukuran. Untuk Anda yang tinggal di daerah yang perbukitan dengan kondisi jalanan yang berlumpur, maka ban bertekstur kasar (ban offroad) akan menjadi pilihan yang baik. Perlu diperhatikan, bentuk dan kondisi ban yang Anda pilih akan menentukan kenyamanan saat berkendara.

  • Menghindari pengereman yang mendadak.

Mengerem sepeda motor secara mendadak akan menyebabkan kondisi ban cepat menipis. Anda tentu pernah melihat saat mengerem di jalanan beraspal secara mendadak, akan terdapat bekas ban menghitam. Ini menandakan lapisan ban kendaraan Anda mulai menipis sedikit demi sedikit. Untuk itu hindari mengerem secara mendadak agar ban tetap awet.

Click to comment