Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Anak Lebih Menyukai Pelajaran Matematika

Menyekolahkan anak merupakan salah satu upaya orang tua agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan dengan layak agar mampu meraih masa depan yang lebih baik. Di sekolah banyak sekali mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa agar bisa naik ke tingkat selanjutnya. Orang tua tentu senang memiliki anak yang bisa menguasai setiap pelajaran di sekolahnya. Sayangnya tidak semua pelajaran disukai oleh anak-anak. Sehingga untuk mendapatkan nilai bagus di pelajaran tersebut sangat susah untuk dilakukan. Salah satu mata pelajaran yang sering dijadikan momok oleh anak-anak untuk malas belajar adalah matematika.
 
 
Pelajaran yang berhubungan dengan hitung-hitungan dan rumus ini sering dibenci oleh anak-anak. Rasa benci inilah yang akhirnya membuat mereka menjadi enggan untuk mempelajarinya. Tak jarang orang tua yang akhirnya menyerahkan problematika anak-anak mereka ini dengan mengikutkan pada lembaga bimbingan belajar maupun les privat agar anak semangat untuk belajar. Padahal sebenarnya Anda juga bisa mengajak anak Anda agar menyukai pelajaran matematika. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak menyukai pelajaran matematika:

  • Mengajak bermain sambil berhitung.

Mengingat anak-anak sangat menyukai kegiatan bermain, maka tidak ada salahnya Anda memadukan kegiatan ini dengan kegiatan hitung-menghitung. Beberapa jenis permainan seperti congklak atau ular tangga bisa Anda gunakan untuk mengajari anak berhitung secara tidak langsung tanpa anak sadari. Supaya lebih seru, Anda bisa mengajak teman-teman anak untuk ikut bermain bersama.

  • Memperbaiki cara berkomunikasi.

Beberapa orang tua terkadang tanpa sadar sering mengungkapkan bahwa “matematika itu memang sulit”. Jika diucapkan secara berulang-ulang kepada anak, secara tidak sadar hal ini mempengaruhi alam bawah sadar mereka. Sehingga anak akan berpikir matematika itu sulit seperti yang dikatakan oleh orang tua mereka. Untuk itu agar tidak terdoktrin hal demikian, perbaiki cara berkomunikasi Anda. Katakan pada anak bahwa matematika itu mudah.

  • Meningkatkan kepercayaan diri anak.

Pendidikan sangat penting untuk anak. Untuk itu kita harus mendukungnya untuk lebih baik setiap harinya. Jika anak mendapatkan nilai matematika jelek, jangan langsung memarahinya karena bisa membuat anak menjadi down. Sebaiknya semangatilah anak dan tanyakan bagian yang tidak dimengerti dan bimbing anak sampai menguasai bagian soal yang susah dipahami.

  • Menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa mengingatkan pentingnya harus menguasai matematika pada anak dengan cara menerapkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat memotong kue, buat anak berpikir tentang bilangan pecahan dari bagian-bagian kue.

  • Memberikan soal cerita matematika.

Mengingat pendidikan tidak hanya diberikan di lingkungan sekolah saja, maka tidak ada salahnya saat di rumah Anda memberikan soal matematika kepada anak secara tersirat lewat cerita. Anak-anak sangat menyukai mendengarkan cerita, sehingga Anda bisa menyelipkan unsur hitung-menghitung untuk membuat anak memahami matematika.

Click to comment