Mau Jantung Anda Sehat? Lakukan 4 Gaya Hidup Ini!

Apapun yang Anda lakukan, baik berkaitan dengan makanan sampai pergerakan tubuh tentunya akan mempengaruhi kesehatan jantung. Mungkin bagi Anda yang keluarganya kebetulan tidak memiliki riwayat penyakit jantung akan lebih santai dan apatis dalam menjaga kesehatan organ vital ini. Namun bagi sebagian orang yang sudah memiliki history dengan penyakit jantung dijamin akan lebih aware terhadap masalah kesehatan organ ini. Menjaga kesehatan jantung sebenarnya menjadi kewajiban siapa saja tidak peduli memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung atau tidak.



Gaya Hidup untuk Sehatkan Jantung
Bagi Anda yang kebetulan memang sudah was-was dengan masalah jantung karena keluarga punya riwayat dengan gangguan kesehatan ini. Baiknya membiasakan beberapa gaya hidup ini agar jantung tetap sehat:




  • Berusaha tetap aktif,

Kunci untuk membuat jantung selalu sehat sebenarnya dengan aktif bergerak, terutama dari kegiatan berolahraga. Sehingga ritme detakan jantung selalu maksimal dan juga normal untuk mensuplay darah beserta oksigen ke seluruh tubuh. Aktif bergerak juga tidak melulu dengan rutin berolahraga, bisa dengan terbiasa tidak duduk santai seharian. Jadi biasakan untuk jalan kaki meski beberapa menit saja setiap beberapa jam sekali.


  • Ganti makanan yang tidak sehat bagi jantung,

Terdapat banyak sekali makanan yang berdampak tidak baik bagi kesehatan jantung, umumnya yang mengandung tinggi garam, tinggi kolesterol, dan tinggi lemak maupun kalori. Biasakan sejak dini untuk mengenal daftar makanan apa saja yang bisa memicu penyakit jantung. Mulai dari makanan yang asin-asin, daging merah, makanan manis, serta makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Selama Anda menghindari makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi, menumpuknya lemak, dan kolesterol maka jantung lebih sehat.


  • Menjaga berat badan,

Terlalu gemuk ternyata tidak hanya menjadikan penampilan terlihat kurang menarik saja melainkan bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya. Kalimat yang mengatakan “gemuk asal sehat” tentu bukan kalimat yang mengandung kebenaran. Aktualnya lebih dari 50% penyakit di dunia mengancam keselamatan orang gemuk, termasuk penyakit jantung dan turunannya seperti hipertensi. Oleh sebab itu saat ini juga cobalah mengatur berat badan agar tidak sampai gemuk apalagi obesitas. Semakin ideal berat badan Anda semakin memperkecil resiko menderita penyakit jantung.


  • Segera berhenti merokok,

Terbiasa merokok membuat penyakit jantung mudah sekali menyerang karena memang bahaya merokok salah satunya mengancam kesehatan jantung. Bahkan perokok pasif pun bisa menerima resiko yang lebih tinggi ketimbang yang aktif. Oleh sebab itu cobalah untuk selektif memilih lingkungan kantor dan tempat tinggal, khusus untuk kantor mintalah kebijakan dari perusahaan untuk menyiapkan ruang kantor bebas rokok. Sehingga memperkecil kemungkinan bersinggungan dengan asap rokok, jika punya kebiasaan merokok maka mulailah melakukan terapi untuk berhenti sejak sekarang.

Click to comment