Ini Dia 4 Kuliner Timur Tengah yang Populer di Indonesia

Perkembangan kuliner di tanah air memang terus mengalami perubahan, di pasaran kuliner Indonesia tak hanya tersaji pilihan menu khas dalam negeri saja. Akan tetapi juga mulai menjamurnya kuliner yang berasal dari berbagai negara, baik masakan asal Jepang, Italia, sampai negara-negara di Timur Tengah. Siapa saja yang hobi wisata kuliner dijamin tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati aneka kuliner dari negeri Arab. Pasalnya sudah banyak gerai makanan di tepi jalan sampai restoran mewah yang menyajikan aneka menu khas dari negara di kawasan Timur Tengah.




Pilihan Kuliner Timur Tengah di Indonesia
Saat tertarik untuk mencicipi cita rasa dari masakan Timur Tengah yang kebetulan populer di tanah air, maka masukan beberapa menu berikut ke dalam daftar wisata kuliner Anda:


1. Nasi kebuli, 
 
Bagi masyarakat Betawi dijamin akrab dengan menu nasi kebuli yang ternyata menjadi menu akulturasi dari kuliner khas Arab bernama sama. Sajian ini berasal dari Arab dan punya ciri khas proses memasak nasi dengan tambahan daging kambing, kaldu kambing, sampai susu kambing. Ditambah dengan rasa khas berbagai jenis aroma membuat sajian nasi dengan pelengkap seperti acar dan sambal ini memiliki rasa yang kuat.


2. Kebab, 

Kebab seolah sudah menjadi jajanan yang akrab bagi semua kalangan karena murah dan rasanya juga ramah di lidah masyarakat Indonesia. Sajian berupa roti tortilla yang diberi irisan daging panggang, tomat, selada, bawang bombai, mentimun, dan terakhir disiram saus sambal sampai mayonnaise ini sangat populer di Indonesia. Mudah pula dijumpai gerainya di tepi jalan dengan harga belasan sampai puluhan ribu per porsinya.


3. Roti maryam, 

Roti maryam juga menjadi jajanan khas kaki lima di Timur Tengah yang cukup populer di tanah air. Sajian ini juga bisa ditemukan di pedagang tepi jalan sampai kafe yang menyediakan versi lebih berkelas. Secara fisik tampilan roti maryam ini sama persis dengan roti canai dari Aceh dan roti japati dari India sebab memang memakai bahan adonan yang sama persis. Menikmatinya pun bisa dengan banyak cara, jika suka manis bisa disantap dengan saus dari gula, jika suka gurih bisa menyantapnya dengan saus kari.


4. Kue samosa atau samboosa, 
 
Satu lagi camilan khas Timur Tengah yang tengah naik daun di Indonesia yakni kue samosa yang punya nama asli samboosa. Kue ini merupakan jajanan yang menggunakan kulit lumpia dan diberi isian dari olahan daging cincang yang di tumis bersama bumbu dan aneka sayuran yang dicincang. Rasa gurih dari bahan isian bertemu dengan garingnya kulit lumpia yang renyah membuatnya disukai semua kalangan. Beberapa orang bahkan memilih membuatnya sendiri di rumah karena terbilang mudah.

Click to comment