Smartphone Mulai Lemot? Atasi dengan 4 Trik Mudah Ini!

Saat ini perangkat smartphone semakin dirancang untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya sehingga membuatnya semakin fungsional dan berperan penting. Tak hanya dipakai berkomunikasi dan berinternet ria, smartphone bisa dioptimalkan penggunaannya untuk berbagai tujuan. Mulai dari berkarya hingga mencari pundi-pundi rezeki dengan perangkat yang super pintar ini, jadi asalkan dimanfaatkan dengan cerdas hasilnya akan sangat maksimal. Sayangnya sepintar apapun sebuah smartphone ternyata perlahan namun pasti kinerjanya akan mengalami penurunan, salah satunya menjadi lemot dan kurang responsif.




Trik Memperbaiki Smartphone Lemot
Menggunakan smartphone pun terasa menyebalkan jika kinerjanya sudah lemot dan semakin hari akan semakin bertambah parah. Padahal dengan beberapa trik ini smartphone yang lemot bisa kembali berjalan normal:


1. Bekerja berlebihan,


Perangkat smartphone memang serba bisa dan semakin canggih serta semakin mahal maka semakin banyak kemampuannya. Namun banyak penggunanya yang tidak paham kapasitas smartphone yang dipegang sehingga kerap dipaksa bekerja berlebihan dan imbasnya menjadi lemot. Misalnya saja suka bermain game, kapasitas RAM smartphone hanya 1GB namun dipaksa menjalankan game yang butuh RAM lebih besar. Jadi, ketika mulai lemot coba tengok penggunaan Anda sudah sesuai kapasitasnya apa belum?



2. Rajin mengecek cache,


Smartphone dengan sistem operasi berbasis Android akan secara otomatis membuat aplikasi apapun di dalamnya bekerja terus-menerus. Kondisi ini membuat smartphone memiliki sampah atau cache yang terus bertambah setiap detiknya. Kelebihan cache terutama dari aplikasi yang paling sering dijalankan bisa membuat kinerjanya lemot dan menyebalkan. Baiknya rutin membersihkan cache ini di pengaturan aplikasi, hapus satu per satu untuk menjadikan smartphone Anda gahar kembali sehingga menunjang aktifitas yang dilakukan.



3. Memori internal sudah overload,


Perangkat smartphone juga dirancang memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang sudah diatur sejak pertama kali dirakit. Jadi, kenali kapasitas memori internal dari smartphone yang Anda miliki sebab kinerjanya lemot bisa jadi karena memorinya sudah terlalu penuh. Alias overload sehingga mesin di smartphone harus bekerja ekstra keras dari seharusnya yang menyebabkan error disana-sini. Baiknya rutin membersihkan aplikasi dan menghapus yang memang sudah tidak pernah digunakan atau tidak bermanfaat, sebab membuat beban memori internal berlebihan.



4. Software belum di update,

Perangkat yang serba bisa ini juga dibekali dengan aneka software atau perangkat lunak untuk membuat layarnya bergerak dan bekerja. Dimulai dari aplikasi yang bisa sesuka hati ditanamkan sampai aplikasi bawaan pabrik yang tidak bisa dihapus. Kemudian ada pula sistem operasi yang ternyata semua software ini perlu di update versinya secara berkala ketika pihak pengembang sudah merilis versi terbarunya. Tidak pernah memperhatikan jadwal update software bisa menyebabkan smartphone bekerja lambat alias lemot, jadi cobalah untuk mengupdatenya secara berkala.


Click to comment