Berbagai Manfaat Membaca Buku yang Tidak Kita Sadari

Buku adalah jendela dunia, kegiatan membaca adalah cara membuka jendela tersebut agar kita dapat mengetahui hal-hal lebih mengenai dunia yang belum kita ketahui sebelumnya. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapapun baik anak-anak, remaja, atau pun orang yang telah berusia lanjut. Membaca adalah sumber berbagai macam informasi yang bisa membuka wawasan mengenai berbagai macam hal seperti ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, politik dan yang lainnya. Selain itu dengan membaca kita dapat membantu merubah masa depan dan bisa menambah kecerdasan akal serta fikiran. Ada berbagai macam manfaat dari membaca yang tidak kita sadari. 
 
Pertama, akan mengurangi stress. Sesudah kita melakukan rutinitas harian yang begitu melelahkan, tidak jarang hal tersebut akan memicu timbulnya stress. Dengan melakukan kegiatan seperti membaca, hal ini akan menekan perkembangan hormon stress. Tahukah Anda, jika saat membaca pikiran Anda akan lebih santai sehingga bisa menurunkan tingkat stress hingga 67% besarnya. Selain relaksasi, dengan membaca kita bisa membawa kedamaian batin dan ketenangan yang begitu besar. Membaca bisa menurunkan tekanan darah dan sudah terbukti dapat membantu orang yang menderita gangguan mood dan penyakit mental ringan lainnya.

Kedua, akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Dengan cara membaca buku, Anda akan mengisi kepala dengan berbagai informasi yang mungkin selama ini belum kita ketahui sebelumnya, dan kemungkinan besar hal ini berguna untuk kita. Semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan, kita akan menjadi lebih siap menghadapi tantangan hidup di masa sekarang atau di masa yang akan datang. Selain itu ilmu pengetahuan adalah hal yang berharga dan tidak akan pernah hilang walaupun kita kehilangan hal lain di dunia. Cerita, atau ide yang berada di dalam bacaan bisa membantu membuka jalan fikiran mengenai dunia lain.

Ketiga, dapat menambah kosa kata. Semakin banyak Anda melakukan kegiatan membaca, akan semakin banyak pula Anda mendapatkan penjelasan tentang hal-hal yang belum Anda ketahui dan dapat menambah jumlah kosa kata yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hal ini tentu sangat membantu agar kita dapat mengartikulasi, membantu menyampaikan sebuah pendapat menggunakan bahasan yang lugas dan menambah rasa kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain.

Keempat, bisa meningkatkan kualitas memori. Dengan membaca, kita bisa memberi andil untuk meningkatkan kualitas otak dalam pemrosesan mengingat, berbagai hal yang kita baca seperti karakter, ambisi, sejarah, latar belakang, atau berbagai unsur dalam alur cerita. Setiap memori bisa membantu menimpa jalur otak dan memperkuatnya, selain itu dengan melakukan kegiatan membaca ini, bisa menstabilkan suasana hati dari seseorang.

Berikut berbagai macam tips agar bisa membaca dengan efektif, antara lain:

  • Pilih waktu luang yang paling tepat untuk membaca, contohnya seperti ketika malam hari menjelang tidur,
  • Pilih posisi yang paling nyaman ketika membaca, seperti duduk di kursi, atur jarak mata dengan bacaan sekitar 30 cm,
  • Tentukan tujuan membaca, agar Anda mendapatkan hasil yang optimal,
  • Tidak ada salahnya Anda juga mencatat berbagai hal penting yang sudah Anda baca, hal ini bisa membantu untuk mengingat berbagai intisari dari bacaan yang sudah Anda baca,
  • Tentukan teknik membaca contohnya saja seperti kapan membaca lambat dengan nada yang keras atau dengan nada pelan,
  • Jadilah pembaca yang aktif, seperti melakukan dialog dengan buku.

Click to comment