Tips Membeli Buku Resep Secara Online

Belajar memasak bisa dilakukan dari mana saja. Mulai dari mengikuti kursus hingga belajar dari buku masakan. Tapi dari berbagai cara belajar memasak yang ada, belajar memasak lewat buku masakan tentu yang paling murah. Sebab Anda hanya perlu membeli buku yang harganya puluhan ribu saja dan kemudian membacanya hingga praktek secara langsung. Sayangnya sekarang ini tak banyak ibu rumah tangga yang punya waktu untuk membeli buku masakan di toko buku. Nah, bagi ibu rumah tangga atau wanita karir yang sangat sibuk disarankan untuk membeli buku resep secara online saja.

Hasil gambar untuk beli buku online
 
Membeli buku masakan secara online sebenarnya ada dua jenis. Pertama adalah yang berbentuk fisik seperti buku pada umumnya. Jadi setelah selesai melakukan transaksi pembayaran, buku akan dikirim menggunakan jasa ekspedisi. Sedangkan yang kedua adalah bentuk ebook. Dimana setelah selesai bertransaksi, buku akan dikirim lewat email. Tentu saja buku yang Anda terima dalam bentuk soft copy. Nah, sebelum membahas kedua jenis buku masakan satu per satu ada baiknya Anda ketahui tips membeli buku masakan lewat online.

Bagi Anda yang berencana membeli buku masakan lewat online, lebih baik perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Ingin membeli dalam bentuk hard copy ataupun ebook, sebaiknya tetap pilih toko online yang terpercaya saja. Sehingga transaksi bisa lebih aman dan nyaman.
  • Karena membeli secara online, disarankan untuk membaca synopsis yang ada di bagian belakang buku resep. Lewat synopsis tersebut Anda bisa mengetahui apa saja yang terkandung pada buku tersebut.
  • Lihat dan perhatikan harga yang tertera pada toko online. Cari tahu apakah harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim atau justru belum termasuk.
  • Jika membeli buku masakan hard copy dari toko online, mintalah pada penjual untuk mengirim dengan jasa ekspedisi terpercaya. Sehingga buku tetap berkeadaan baik sampai di tangan Anda.
  • Itulah tips bagi Anda yang ingin membeli buku masakan secara online. Tipsnya memang sangat sederhana tapi sayangnya tidak semua orang mampu menerapkannya dengan baik.

Membeli buku dalam bentuk hardcopy tentu saja ada kelemahan dan kelebihannya. Antara lain:
  • Buku hard copy rawan cacat produksi.
  • Harganya bisa murah dan bisa mahal. Tergantung daripada isi resep di dalamnya.
  • Anda harus menunggu beberapa hari untuk bisa membaca buku masakan ini. Wajar saja karena buku ini dikirim lewat jasa ekspedisi.

Tetapi kelebihannya adalah buku ini mudah Anda baca sambil mempraktekkan resep. Selain itu buku ini juga bisa disimpan dalam perpustakaan pribadi Anda. Harga yang dikeluarkan sebanding dengan kualitasnya.

Ebook yang dibeli secara online memang tidak masalah. Asalkan isinya memang benar-benar berkualitas. Membeli ebook ada kelebihannya yakni bisa disimpan pada email Anda. Jadi ketika hilang masih memiliki cadangan file. Tapi kekurangannya adalah kurang nyaman untuk dibaca. Bahkan kadang harga ebook yang dijual online juga sama dengan buku dalam bentuk hard copy. Hal ini tentu sangat merugikan Anda bukan?

Manakah yang cocok untuk dibeli? Sebenarnya keduanya cocok untuk Anda beli. Namun tentu saja Anda harus memperhatikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi yang paling terpenting adalah Anda harus membeli sesuai dengan selera pribadi saja. Bagi yang ingin cepat mendapatkan buku resep lebih baik beli ebook. Sedangkan bagi yang ingin nyaman ketika membaca lebih baik beli saja buku hard copy.

Click to comment